Penting, Pengelolaan Keuangan UKM untuk Jaga Kestabilan Bisnis

- Selasa, 28 Juni 2022 | 17:19 WIB
Tim pengabdian kepada masyarakat jurusan manajemen Universitas Negeri Semarang (UNNES) foto bersama peserta pelatihan. (Istimewa/UNNES)
Tim pengabdian kepada masyarakat jurusan manajemen Universitas Negeri Semarang (UNNES) foto bersama peserta pelatihan. (Istimewa/UNNES)

SEMARANG, AYOSEMARANG.COM -Kontribusi UMKM dalam perekonomian Nasional tidak bisa diragukan lagi, data Kementerian Koperasi dan UKM pada tahun 2021 menyebut, UMKM di Indonesia berpartisipasi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 61,97 persen atau setara dengan nilai Rp. 8,6 triliun.

Hal ini menjadi bukti bahwa peran UMKM dalam perekonomian Nasional sangat diperhitungkan.
UMKM dalam menjalankan roda bisnisnya masih mengandalkan ilmu yang sederhana. Salah satunya adalah dalam hal pengelolaan keuangan. Masih cukup banyak pelaku UMKM yang mengelola uang bisnis bercampur dengan uang rumah tangga mereka, ada juga yang tidak memiliki catatan pengeluaran dan pemasukan yang baik.

Baca Juga: Info Buat Bunda, Ini Dia 5 Lokasi Baby Spa Pelayanan Maksimal di Semarang

Hal ini membuat pelaku UMKM tidak tahu pasti berapa aliran uang yang berputar dalam roda bisnisnya.

Tim pengabdian kepada masyarakat jurusan manajemen Universitas Negeri Semarang (UNNES) mampu melihat fenomena ini untuk memberikan pelatihan dan bimbingan teknis bagi para pelaku UMKM dalam mengelola keuangan yang baik. Dengan pengelolaan keuangan yang baik diharapkan mampu memberikan kemudahan bagi para pelaku UMKM untuk membuat perencanaan anggaran, cara menyimpan dana, pengendalian pengeluaran, hingga perlindungan terhadap risiko.

Dengan pengelolaan keuangan yang baik diharapkan UMKM mampu mencapai kestabilan keuangan di masa yang akan datang.

Materi pelatihan dan bimbingan teknis tersebut disampaikan oleh dosen-dosen jurusan manajemen UNNES, diantaranya adalah Arief Y, Dwi Cahya, Rini S W, Siti Ridloah. Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh pelaku UMKM Kota Semarang dan diselenggarakan di Gedung Fakultas Ekonomi UNNES. Para pelaku UMKM yang hadir sangat antusias dalam kegiatan tersebut, mereka memberikan pertanyaan-pertanyaan yang cukup kritis serta mereka juga menyampaikan beberapa kendala terkait dengan pengelolaan keuangan.

Baca Juga: Pedulilindungi dan NIK Jadi Syarat Beli Minyak Curah di Semarang, Ini Respons Masyarakat

Para peserta dari UKM Kota Semarang merasa sangat terbantu dengan adanya kegiatan semacam ini dan berharap akan ada keberlanjutan yang dapat mendapingi mereka dalam mengelola bisnisnya. Pengelolaan keuangan yang baik bagi para pelaku UMKM mampu menjaga keuangan mereka.

Halaman:

Editor: arri widiarto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Peringati HUT RI, GGF Beri Apresiasi Petani

Kamis, 18 Agustus 2022 | 13:25 WIB

7 Desain Uang Baru Indonesia, Tukar Sekarang!

Kamis, 18 Agustus 2022 | 12:03 WIB

9 Cara Menghemat Uang dengan Efektif dan Efisien

Rabu, 17 Agustus 2022 | 14:51 WIB

Isuzu Perkuat CSR Dalam Kelestarian Lingkungan

Rabu, 17 Agustus 2022 | 07:40 WIB
X