Bank Jateng Turut Berpartisipasi dalam Pembiayaan Jalan Tol Semarang- Demak

- Sabtu, 2 Juli 2022 | 09:16 WIB
Bank Jateng turut serta berperan dan mendukung semua Proyek Strategis Nasional dengan berpartisipasi dalam pembangunan Tol Semarang- Demak. (Dok)
Bank Jateng turut serta berperan dan mendukung semua Proyek Strategis Nasional dengan berpartisipasi dalam pembangunan Tol Semarang- Demak. (Dok)

JAKARTA, AYOSEMARANG.COM-- Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah (Bank Jateng) turut serta berperan dan mendukung semua Proyek Strategis Nasional (PSN) yang direncanakan oleh pemerintah, salah satunya berpartisipasi dalam Proyek Pembangunan Jalan Tol Semarang- Demak.

Sebelumnya, pada tanggal 28 Juni 2022 bertempat di Jakarta, Bank Jateng turut serta berpartisipasi dalam Kredit Investasi 2022 sebesar Rp 350 miliar yang terbagi atas Bank Jateng Rp 250 miliar dan Bank Jateng Syariah Rp 100 miliar.

Partisipasi pembiayaan proyek pembangunan tersebut dituangkan dalam Akta Perjanjian Kredit Sindikasi antara beberapa Bank dengan PT. PPSD dengan total nilai proyek jalan tol seksi 2 ruas Sayung- Demak sebesar Rp 5.440.788.000.000 dan dengan nilai sindikasi kredit sebesar Rp 3.808.000.000.000.

Baca Juga: Bank Jateng Salurkan Rp2,6 Miliar Bantu Pulihkan Ekonomi Kabupaten Sukoharjo

Pada sindikasi kredit tersebut Bank Mandiri dan Bank Syariah Indonesia merupakan Joint Mandated Lead Arranger (JMLAB) dan diikuti oleh beberapa Bank lainnya selaku kreditur yaitu PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah (Bank Jateng) serta sejumlah bank lainnya.

“Di samping pembiayaan sindikasi tersebut, pada tahun 2021 Bank Jateng juga telah berpartisipasi sebesar Rp185 miliar pada pembiayaan sindikasi dengan BMRI dan BNI atas Dana Talangan Tanah Pembebasan Lahan untuk ruas Tol Semarang- Demak seksi 2 tersebut,” kata Direktur Utama Bank Jateng, Supriyatno, Jumat 1 Juli 2022.

Adapun proyek jalan Tol Semarang- Demak sepanjang 27 km ini memiliki dua seksi yakni seksi Semarang / Kaligawe- Sayung sepanjang 10,69 kilometer yang merupakan porsi pemerintah dengan target selesai konstruksi pada 2024.

Baca Juga: Kabupaten Rembang Peroleh Kredit Rp200 Miliar dari Bank Jateng

Sementara itu, untuk bagian seksi 2 ruas Sayung- Demak sepanjang 16,31 kilometer merupakan porsi pengerjaan bagi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Pembangunan Perumahan Semarang Demak (PT PPSD).

Halaman:

Editor: Lilisnawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X