Pertalite dan Pertamax Dihapus, BBM Termurah Harga Rp15.000 per Liter?

- Selasa, 20 September 2022 | 07:22 WIB
Pertalite dan Pertamax akan dihapus dan secara bertahap ditarik peredarannya dari SPBU Pertamina. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
Pertalite dan Pertamax akan dihapus dan secara bertahap ditarik peredarannya dari SPBU Pertamina. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

 

SEMARANG SELATAN, AYOSEMARANG.COM -- Pemerintah bakal melakukan penghapusan BBM jenis Pertalite dan Pertamax secara bertahap.

Akan dihapusnya Pertalite memiliki RON 90 dan Pertamax dengan RON 92 termasuk memiliki nilai oktan rendah.

Nantinya, Pertalite dan Pertamax akan dihapus dan secara bertahap ditarik peredarannya dari SPBU Pertamina.

Diketahui, penerapan BBM ramah lingkungan tertuang di dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Permen LHK) Nomor 20 Tahun 2017 tentang Penerapan Bahan Bakar Standar Euro 4.

Baca Juga: Pembatasan Beli Pertalite di SPBU, Ini Aturan Lengkapnya

Artinya, BBM yang dijual atau beredar di Indonesia harus memiliki spesifikasi bensin dengan nilai oktan tinggi yakni RON 95-98 atau setara Pertamax Turbo yang dijual PT Pertamina (Persero).

Hal tersebut tidak sesuai dengan keputusan Peraturan Menteri (Permen) LHK No 20 tahun 2017 tentang penerapan BBM standar emisi Euro 4.

Jika memang benar Perlatalite dan Pertamax akan dihapus, rakyat harus bersiap mengeluarkan uang lebih banyak untuk membeli satu liter BBM.

Diketahui, harga Pertamax Turbo di Indonesia mencapai Rp15.900 per liter.

Halaman:

Editor: adib auliawan herlambang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X