Tips Cara Mudah Mengelola Aplikasi Jadwal Kerja Karyawan dengan Mudah dan Efektif

- Kamis, 24 November 2022 | 16:33 WIB
Cara Mudah Mengelola Aplikasi Jadwal Kerja Karyawan dengan Mudah dan Efektif. (freepik)
Cara Mudah Mengelola Aplikasi Jadwal Kerja Karyawan dengan Mudah dan Efektif. (freepik)

AYOSEMARANG.COM -Bagaimana jam kerja yang berlaku di perusahaan Anda saat ini? Apakah sudah berjalan normal dari pagi sampai sore atau memakai sistem jam kerja fleksibel? Penerapan jam kerja di perusahaan memang tidak sama, karena menyesuaikan kebutuhan. Untuk beberapa sektor usaha yang harus menerapkan layanan 24 jam, misalnya pada layanan telekomunikasi juga perlu menerapkan aturan baru terkait jadwal kerja.

Dalam sistem shift, fokus perusahaan bukan hanya tentang bagaimana sistem pergeseran jadwal kerja. Perusahaan juga tetap menyediakan pelayanan yang terbaik, tapi juga memperhatikan kesehatan karyawannya. Jadwal shift sengaja dibuat untuk mengoptimalkan produktivitas dan layanan. Saat ini, banyak perusahaan yang menggunakan aplikasi jadwal kerja karyawan untuk mempermudah penyusunan jadwal. Aplikasi Jadwal Kerja Karyawan akan sangat membantu kegiatan sehari- hari.

Menurut Undang-undang yang berlaku di Indonesia, jadwal kerja telah diatur pasal 77-85 UU No 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Dalam Undang-undang, ada beberapa poin penting tentang shift. Untuk perusahaan yang menerapkan tiga shift, maka setiap shift maksimum delapan jam per hari, sudah termasuk jam istirahat di antara jam kerja. Jika diakumulasikan, jumlah jam kerja di masing-masing shift tidak melebihi 40 jam setiap minggu. Bagaimanapun aturan yang diterapkan, yang jelas perusahaan harus mempertimbangkan kesehatan karyawan dan keseimbangan antara kewajiban kerja dan kehidupan personal mereka. 

Bagaimana Tips Mengelola Aplikasi Jadwal Kerja Karyawan?

Mengatur Aplikasi jadwal kerja karyawan memang tidak selalu mudah bagi perusahaan, termasuk sistem shift. Meskipun terlihat sepele, tapi ternyata di dalamnya ada beberapa tantangan. Jadwal kerja juga bisa berpengaruh pada performa kerja dan menentukan kemajuan perusahaan. Jika tidak teliti mengelolanya, apalagi kalau menyangkut lembur atau shift, risikonya bisa fatal. Jadi, apa yang seharusnya diperhatikan oleh HRD perusahaan agar aplikasi jadwal kerja para karyawan bisa dibuat lebih tepat sesuai kebutuhan? dan apakah penggunaan aplikasi jadwal kerja karyawan bisa membantu?

  1. Komunikasikan Waktu jadwal kerja dengan Para Karyawan

Sistem jadwal kerja bisa menjadi solusi yang adil untuk perusahaan dan karyawan agar sama-sama mencapai tujuan. Meskipun tidak mudah untuk menentukan keputusan terkait jam kerja masing-masing, tentu harus ada komunikasi dua arah dengan karyawan. Langkah komunikasi sangat penting untuk menghargai karyawan yang juga memiliki kehidupan pribadi dengan keluarganya. 

Bahkan mungkin saja karyawan memiliki riwayat sakit yang tidak memungkinkannya bekerja di malam hari. Melalui pembicaraan terbuka, mereka bisa memberitahu apakah sanggup atau tidak kerja shift. Dengan catatan bahwa karier dan kehidupan personal berjalan dengan baik dan lebih efektif dengan penggunaan aplikasi jadwal kerja karyawan.

  1. Pastikan untuk Membuat Jadwal jadwal kerja dengan Jelas

Sebelum menyusun jadwal kerja dalam aplikasi jadwal kerja karyawan, yang seharusnya dipastikan ialah memahami tentang seluk beluk bidang usaha sendiri dan seperti apa cara mengelola tim. Dengan mengetahui bidang usaha sendiri berarti bisa mengetahui waktu-waktu tersibuk dalam perusahaan. Setelah menemukan waktu-waktu yang sibuk, kemudian ditentukan siapa karyawan yang tepat dijadwalkan dalam jam tertentu. 

Dengan begitu, proses penyusunan aplikasi jadwal kerja karyawan bisa lebih efektif dan proporsional bagi semua karyawan.

Halaman:

Editor: arri widiarto

Artikel Terkait

Terkini

X