IndiHome Dukung Event Porseni NU di Solo

- Rabu, 25 Januari 2023 | 13:07 WIB
 IndiHome Dukung Event Porseni NU di Solo. (dok)
IndiHome Dukung Event Porseni NU di Solo. (dok)


SOLO, AYOSEMARANG.COM - Pekan Olahraga dan Seni (PORSENI) Nahdlatul Ulama Tingkat Nasional 2023 di Solo telah rampung. Ajang PORSENI NU yang berlangsung selama sepekan lebih itu dimeriahkan dengan jalan sehat bersama Presiden Joko Widodo dan puluhan ribu masyarakat Solo pada Minggu 22 Januari 2023 lalu. Ketua Panitia PORSENI NU 2023 KH Nusron Wahid bersyukur acara berlangsung sukses.

Rangkaian kegiatan pendukung Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) Nahdlatul Ulama (NU) resmi dibuka di Lapangan Pamedan Puro Mangkunegaran Solo, Senin 16 Januari 2023. Pembukaan dimeriahkan dengan lomba mewarnai logo NU, dan paduan suara yang diikuti ribuan peserta di kalangan PAUD, TK, dan Rauhdhatul Athfal (RA) se-Soloraya.

Kegiatan memperingati 1 abad NU itu juga diadakan festival bazar UMKM. Ribuan anak antusias mengikuti lomba mewarnai logo NU dan paduan suara.

Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Nusron Wahid menjelaskan, rangkaian kegiatan sengaja disatukan untuk ajang berkumpul para atlet yg sedang bertanding. Sekaligus untuk menikmati pertunjukan yang melibatkan seniman-seniman dari NU.

Baca Juga: Debut di Usia 17 Tahun, Brandon Scheunemann Jadi Bintang Muda PSIS Semarang

"Acara ini adalah tempat untuk bertemunya para peserta. Nanti yang ada sedang bertanding atau berlomba selesai, mereka biar ada tempat berkumpul. Dari pada tidak ada kegiatan maka sambil melihat pertunjukan seniman-seniman dari kalangan Nahdatul Ulama," ungkap Nusron dalam pembukaan side event di Pura Mangkunegaran, Solo.

Sementara Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka merepons positif kegiatan yang akan berlangsung hingga 21 Januari itu. Gibran hadir langsung dan mengunjungi stand-stand UMKM. "Porseni NU ini luar biasa. Semuanya dilibatkan ibu-ibu dari fatayat, muslimat, anak-anak semua dilibatkan dari PAUD, jadi saya kira luar biasa sekali," ungkap Gibran.

Sebanyak 3.643 putra putri madrasah dari tiap pengurus wilayah NU (PWNU) berkompetisi menjadi yang terbaik. Para putra-putri NU yang berkompetisi terdiri dari usia 18-23 tahun, atau jenjang SMA sederajat hingga perguruan tinggi.

Dalam PORSENI NU 2023 ini dipertandingkan beberapa cabang olahraga, yaitu Sepak Bola, Bulu Tangkis, Bola Voli dan Pencak Silat. Ada juga perlombaan seni yakni Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ), dan Hifdzul alfiyah (lomba menghafal Kitab Alfiyah).

Hasilnya, PWNU Jawa Timur keluar sebagai juara umum dalam ajang PORSENI NU ini. Kontingen PWNU Jatim berhasil meraih 21 medali emas, 13 perak, dan 20 perunggu dari total 7 cabang olahraga dan 3 cabang kesenian yang dipertandingkan. Selanjutnya, peringkat ketiga diraih tuan rumah Jawa Tengah dengan menorehkan 7 emas, 11 perak, 16 perunggu.

Halaman:

Editor: arri widiarto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sole Distributor Truk FAW Buka Cabang di Semarang

Sabtu, 28 Januari 2023 | 20:48 WIB
X