WHO Tegaskan Varian Omicron Bukan Flu Biasa, Jangan Anggap Sepele!

- Kamis, 6 Januari 2022 | 07:49 WIB
Ilustrasi. WHO memberi peringatan jika varian Omicron bukan flu biasa. (envato)
Ilustrasi. WHO memberi peringatan jika varian Omicron bukan flu biasa. (envato)

SEMARANG SELATAN, AYOSEMARANG.COM -- Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memberi peringatan jika varian Omicron bukan flu biasa dan tidak boleh dianggap sepele.

Inggris melaporkan terdapat 14 kematian karena varian Omicron, sementara AS dan Korea Selatan masing-masing telah melihat satu kematian.

Kematian karena varian Omicron terjadi terutama pada orang yang tidak divaksinasi.

"Omicron bukan flu biasa! Sistem kesehatan bisa kewalahan," tegas kepala ilmuwan WHO Dr Soumya Swaminathan di Twitter, dikutip dari Suara.com, Kamis 6 Desember 2021.

Baca Juga: Kementerian Kesehatan Terbitkan Surat Edaran Pencegahan Omicron, Simak Aturan Lengkapnya!!

“Penting untuk memiliki sistem untuk menguji, memberi saran, dan memantau sejumlah besar pasien karena lonjakannya bisa tiba-tiba dan besar,” lanjutnya.

Kerkhove menyatakan bahwa "kita dapat mencegah infeksi, menyelamatkan nyawa sekarang" dengan memastikan kesetaraan vaksin.

Sementara itu, WHO pada hari Selasa juga menyatakan bahwa bukti yang muncul mengungkapkan bahwa varian Omicron mempengaruhi saluran pernapasan bagian atas, menyebabkan gejala yang lebih ringan daripada varian sebelumnya.

"Kami melihat semakin banyak penelitian yang menunjukkan bahwa Omicron menginfeksi bagian atas tubuh. Tidak seperti yang lain, itu dapat menyebabkan pneumonia parah," Manajer Insiden WHO Abdi Mahamud mengatakan kepada wartawan yang berbasis di Jenewa.

Halaman:

Editor: adib auliawan herlambang

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tips Ampuh Menghilangkan Insomnia

Rabu, 18 Mei 2022 | 20:17 WIB

4 Manfaat Lari Pagi untuk Kesehatan Tubuh

Rabu, 18 Mei 2022 | 18:59 WIB

4 Tips Meredakan Hidung Tersumbat Akibat Flu

Sabtu, 14 Mei 2022 | 10:46 WIB
X