Hepatitis Akut Misterius Merebak di Dunia, Ini Cara Pencegahannya

- Jumat, 13 Mei 2022 | 17:51 WIB
Hepatitis Akut Misterius Merebak di Dunia, Ini Cara Pencegahannya
Hepatitis Akut Misterius Merebak di Dunia, Ini Cara Pencegahannya

SOLO, AYOSEMARANG.COM – Kabar kurang baik disampaikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Usai dua tahun lalu WHO mengumumkan Covid-19 sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB), kini WHO kembali mengumumkan KLB.

WHO menetapkan hepatitis akut misterius menjadi KLB pada 15 April lalu. Hepatitis akut misterius dinilai mulai meresahkan masyarakat dunia.

WHO menemukan 170 kasus hepatitis akut misterius di 12 negara yang ada di Eropa, Amerika, dan Asia. Hepatitis akut tersebut menyerang anak-anak di bawah 16 tahun.

Penyakit ini juga mulai masuk ke Indonesia. Hingga saat ini Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melaporkan ada 15 kasus hepatitis akut dengan total penderita yang meninggal dunia sebanyak lima orang. Hal ini tentu saja membuat para orang tua menjadi was-was.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Capricorn, Aquarius dan Pisces Sabtu, 14 Mei 2022

Dosen Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Dr. Dhani Redhono Harioputro, dr., Sp.PD., KPTI. mengimbau para orang tua untuk mengecek gejala penyakit ini pada anak-anak mereka. Dhani menjelaskan bahwa penyakit ini memiliki ciri-ciri yang cukup mencolok.

Ciri-ciri yang cukup mencolok yakni ada warna kuning pada bagian mata. Itu merupakan akibat dari bilirubin yang tinggi. Jika kadar bilirubinnya semakin tinggi, kulit anak juga akan menjadi kuning.

“Mata yang seharusnya putih jadi kuning. Kemudian bisa terlihat di telapak tangan dan kaki. Air seninya juga berwarna seperti teh. Kadang-kadang disertai feses yang berwarna pucat,” jelasnya.

Selain ciri-ciri tersebut, beliau juga mengungkapkan bahwa penderita biasanya akan mengalami demam, mual atau muntah, badan terasa sakit, hingga diare. Jika anak memiliki tanda-tanda tersebut, Dhani menyarankan para orang tua agak segera membawa anak mereka ke dokter.

Baca Juga: Arus Balik di Pelabuhan Kendal Mulai Meningkat, 442 Penumpang Diiangkut KMP Kalibodri

Halaman:

Editor: Iswara Bagus

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ampuh! 5 Tips Alami Mengatasi Rambut Rontok

Selasa, 5 Juli 2022 | 23:43 WIB

3 Tips Mencegah Cedera Olahraga

Selasa, 5 Juli 2022 | 14:28 WIB

4 Tanda Anemia yang Perlu Diwaspadai

Senin, 4 Juli 2022 | 15:18 WIB

Pentingnya Minum Air Putih di Pagi Hari

Kamis, 30 Juni 2022 | 07:00 WIB
X