4 Buah Penurun Gula Darah, Bikin Sehat

- Selasa, 2 Agustus 2022 | 20:04 WIB
buah penurun gula darah  (Pixabay/ kerdkanno)
buah penurun gula darah (Pixabay/ kerdkanno)

AYOSEMARANG.COM - Gula darah yang tinggi memang sangat mengganggu, jangan sampai terkena diabetes, oleh karena itu diet sangat penting bagi penderita prediabetes untuk mengontrol gula darahnya.

Agar sehat, Anda perlu melakukan diet. Misalnya, sering makan buah. Nah, seperti dilansir situs Health Line, ada buah-buahan yang bisa menurunkan kadar gula darah agar tidak terlalu tinggi.

1. Alpukat

Selain teksturnya yang lembut dan rasanya yang lezat, alpukat menawarkan manfaat yang signifikan dalam mengatur kadar gula darah. Buah ini kaya akan lemak sehat, serat, vitamin dan mineral dan telah terbukti meningkatkan kadar gula darah ketika ditambahkan ke makanan.

Baca Juga: 4 Negara yang Harus Kamu Kunjungi ketika Pertama Kali ke Luar Negeri

Sejumlah penelitian telah menemukan bahwa alpukat dapat menurunkan kadar gula darah dan mencegah perkembangan sindrom metabolik, seperti tekanan darah tinggi dan gula darah tinggi, yang meningkatkan risiko penyakit kronis.

2. Jeruk

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa buah jeruk membantu menurunkan kadar gula darah. Jeruk dianggap buah indeks glikemik rendah karena tidak mempengaruhi kadar gula darah sebanyak buah lain seperti semangka dan nanas.

Jeruk dan grapefruits mengandung serat dan senyawa tanaman seperti naringenin, polifenol dengan sifat anti-diabetes yang kuat.

Makan buah jeruk utuh dapat meningkatkan sensitivitas insulin, menurunkan kadar HbA1c, dan mencegah perkembangan diabetes.

Halaman:

Editor: Regi Yanuar Widhia Dinnata

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X