2 Tahap Pencairan Dana KIP Kuliah 2023, Estimasi Berapa Lama?

- Selasa, 7 Maret 2023 | 21:35 WIB
Kapan pencairan KIP Kuliah 2023?  (Universitas Jambi)
Kapan pencairan KIP Kuliah 2023? (Universitas Jambi)

AYOSEMARANG.COM -- Pencairan dana KIP Kuliah 2023 berbeda-beda tergantung dari beberapa hal, salah satunya pengumpulan berkas oleh pihak kampus.

Saat ini pertanyaan terkait pencairan dan KIP Kuliah 2023 terus mengalami peningkatan dan menjadi perbincangan di antara para penerima manfaat, sebagaimana antusias para calon pendaftar.

KIP Kuliah 2023 diperuntukkan bagi para lulusan SMA yang memiliki potensi akademik yang baik dan berminat melanjutkan ke perguruan tinggi, namun terhambat oleh keadaan ekonomi.

Baca Juga: Terjawab Sudah Bulan Apa KIP Kuliah 2023 Cair, Alhamdulillah Pencairan di Bulan Ini

Sehingga Kartu Indonesia Pintar termasuk ke dalam salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia.

Upaya tersebut direalisasikan dengan adanya pemberian bantuan biaya pendidikan dan bantuan biaya hidup bagi para penerima manfaat.

Bantuan biaya pendidikan yang dimaksud akan dibayarkan langsung oleh puslapdik kepada perguruan tinggi terkait maksimal sebanyak 12 juta persemester.

Sementara untuk biaya hidup para penerima manfaat akan dibayarkan setiap semester dengan total yang diterima maksimal 1,4 juta per bulan.

Baca Juga: Kabar Gembira! KIP Kuliah 2023 SUDAH CAIR untuk Penerima via BNI, Cek M-Banking atau ATM Segera!

Lantas, berapa lama pencairan dana KIP Kuliah 2023? Pencarian dana Kartu Indonesia Pintar Kuliah terdiri dari dua proses yaitu tahap pencairan dan proses pencairan.

Tahap Pencairan

Informasi dari kemendikbud, proses administrasi dari perguruan tinggi terkait dan juga puslapdik bisa memakan waktu 1 sampai 2 minggu.

Sementara itu tahapan proses dari KPPN pada pencairan bisa memakan waktu hingga 30 hari kalender.

Dengan begitu, estimasi total yang dibutuhkan untuk pencairan maksimal yaitu 44 hari.

Halaman:

Editor: Regi Yanuar Widhia Dinnata

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

X