Fakultas Kedokteran Unika Soegijapranata KKN di Minahasa Selatan

- Senin, 14 Maret 2022 | 21:31 WIB
Fakultas Kedokteran (FK) Unika Soegijapranata, melalui Tri Dharma pendidikan akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Komunitas di Kabupaten Minahasa Selatan. (dok Humas Unika)
Fakultas Kedokteran (FK) Unika Soegijapranata, melalui Tri Dharma pendidikan akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Komunitas di Kabupaten Minahasa Selatan. (dok Humas Unika)


SEMARANG, AYOSEMARANG.COM - Salah satu pilar dalam transformasi sistem kesehatan adalah transformasi SDM kesehatan, dengan meningkatkan kuantitas, distribusi, dan kualitas tenaga kesehatan. Saat ini masih banyak masyarakat yang belum bisa mendapatkan akses ke dokter dan pelayanan yang layak dari tenaga kesehatan, terutama yang tinggal di pelosok daerah.

“Demi memastikan SDM kesehatan terdistribusi secara adil dan merata maka Fakultas Kedokteran (FK) Unika Soegijapranata, melalui Tri Dharma pendidikan akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Komunitas di Kabupaten Minahasa Selatan,” papar dr Indra Adi Susianto MSi Med Sp OG selaku Dekan FK Unika usai melaksanakan pertemuan dengan Bupati Minahasa Selatan, Franky Donny Wongkar SH, di kantor Bupati Minahasa Selatan, Senin 14 Maret 2022.

Dalam kesempatan tersebut Franky Donny Wongkar SH didampingi oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs Benny V J Lumingkewas, Kabag Kerja Sama Sekretariat Daerah, Plan O Yonathan S STP dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa Selatan dr Erwin Schouten.

Baca Juga: Dua Program Baru Karier.mu Prakerja Siap Beri Modal

Sementara Tim FK Unika Soegijapranata dr Indra Adi Susianto selaku Dekan FK Unika, didampingi oleh Ketua Program Studi Pendidikan Profesi Dokter FK Unika dr Fransiska P Hardimarta MSi Med, Programer Field Lab-KKN Komunitas Perigrinus H Sebong MPH, dan Sekretaris Satgas Persiapan KKN dr Vania Angeline Bachtiar Sp N.

“Program KKN komunitas merupakan salah satu komponen dari proses perencanaan karir yang tersedia bagi mahasiswa FK Unika Soegijapranata,” lanjut dr Indra.

Program ini dirancang untuk mengintegrasikan mahasiswa, sistem kesehatan, fasilitas pelayanan kesehatan, populasi, dan Perguruan Tinggi dalam kemitraan guna mempersiapkan calon dokter profesional sekaligus memberi pengalaman karir lebih awal kepada mahasiswa.

''Pengalaman terkait karir dokter di DTPK ini akan meningkatkan tujuan pendidikan sambil berkontribusi pada visi-misi program studi,'' tambahnya.

Program KKN komunitas memiliki tiga tujuan utama yaitu menyediakan sumber daya untuk membantu pemerintah daerah di bidang pelayanan kesehatan, kesehatan masyarakat, pemanfaatan herbal untuk medis dan layanan social. Kemudian membantu kapasitas dinas kesehatan dan Puskesmas untuk meningkatkan kinerja dan efektivitas mereka secara keseluruhan dalam meningkatkan status kesehatan masyarakat. Selanjutnya memberikan mahasiswa kedokteran FK Unika Soegijapranata pengalaman belajar terapan yang berharga dengan menghubungkan mereka dengan peluang di komunitas yang menghadapi kesenjangan kesehatan masyarakat dan masalah sosial-ekonomi lainnya yang berdampak pada kesehatan.

Baca Juga: Hendi Tegaskan Tidak Ada Minoritas dan Mayoritas di Kota Semarang

Program KKN Komunitas adalah program inovatif FK Unika Soegijapranata yang memiliki tujuan membantu fasilitas pelayanan kesehatan dan masyarakat dengan berfokus langsung pada penanganan masalah kesehatan masyarakat atau kesenjangan kesehatan di komunitas yang kurang terlayani, yang memiliki tantangan sosial, geografis dan ekonomi terutama di DTPK. ***

Halaman:

Editor: arri widiarto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Unisma Kembali Raih Rekor MURI di Oshika Maba 2022

Jumat, 16 September 2022 | 14:50 WIB

Wakil Ketua DPR RI Beri Motivasi Mahasiswa Baru Unisma

Jumat, 16 September 2022 | 11:42 WIB

UPGRIS Terima 3.939 Mahasiswa Baru

Selasa, 13 September 2022 | 21:34 WIB

4527 Mahasiswa Baru Unisma Ikuti Oshika Maba 2022

Selasa, 13 September 2022 | 11:48 WIB

RUU Sisdiknas Tahun 2022 Sarat Polemik Panen Kritik

Jumat, 9 September 2022 | 10:24 WIB

Pengurus PGRI Ranting Khusus UPGRIS Dikukuhkan

Rabu, 7 September 2022 | 13:37 WIB

PIP Semarang Kembali Lepas 291 Wisudawan

Selasa, 6 September 2022 | 16:56 WIB
X