Safari Ramadan di UPGRIS, Dandim Sampaikan Pesan Begini

- Senin, 11 April 2022 | 15:00 WIB
Komandan Kodim (Dandim) 0733 Kota Semarang, Letkol Inf Hani Havana MMDS memberikan wawasan kebangsaan kepada mahasiswa Universitas PGRI Semarang (UPGRIS), Senin 11 April 2021. (dok Humas UPGRIS)
Komandan Kodim (Dandim) 0733 Kota Semarang, Letkol Inf Hani Havana MMDS memberikan wawasan kebangsaan kepada mahasiswa Universitas PGRI Semarang (UPGRIS), Senin 11 April 2021. (dok Humas UPGRIS)


SEMARANG, AYOSEMARANG.COM - Komandan Kodim (Dandim) 0733 Kota Semarang, Letkol Inf Hani Havana MMDS memberikan wawasan kebangsaan kepada mahasiswa Universitas PGRI Semarang (UPGRIS), Senin 11 April 2021. Kegiatan digelar di Masjid UPGRIS.

Dandim menegaskan, pancasila merupakan dasar negara yang selaras dengan ajaran Islam. Karena itu, sudah semestinya pancasila tidak dikotomikan dengan ajaran Islam maupun dengan Alquran.

"Pancasila sangat selaras dengan ajaran Islam. Tidak ada satupun butir pancasila yang bertentangan dengan Alquran. Kami tentu juga mengajak mahasiswa fokus membangun akhlak," kata Dandim.

Baca Juga: 7 Game Simulasi Terbaik untuk Tunggu Jadwal Buka Puasa

Dia juga mengingatkan konsep rahmatan lil alamin pada ajaran Islam. Menurutnya, agama ini mengajarkan kasih sayang tidak hanya kepada satu golongan / kelompok tertentu, melainkan kepada seluruh alam semesta.

"Islam adalah agama yang berkasih sayang kepada semuanya. Begitu juga pancasila yang bisa menyatukan seluruhnya. Mari saling menjaga toleransi, dan memberikan manfaat untuk bangsa dan negara," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Rektor IV UPGRIS, Ir Suwarno Widodo MSi menyatakan, pihaknya menyambut baik kegiatan yang diinisiasi Kodim 0733 Kota Semarang.

Kegiatan bertajuk "Safari Ramadan" ini dinilai mampu menguatkan wawasan kebangsaan mahasiswa. "Kami mengapresiasi sinergitas TNI dengan kalangan akademisi, khususnya UPGRIS. Ini sesuai slogan kami, nasionalis dan religius. Mahasiswa selain cinta tanah air dan bangsa, juga memiliki wawasan keagamaan yang luas," tuturnya.

Baca Juga: Cristiano Ronaldo Minta Maaf usai Banting Ponsel Anak Pengidap Autis

Adapun selama ramadan, UPGRIS juga menyelenggarakan beberapa kegiatan lain, seperti buka puasa bersama, tadarus Alquran, khataman alquran, peringatan nuzulul quran, hingga pemberian santunan kepada anak yatim piatu.***

Halaman:

Editor: arri widiarto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sekolah Vokasi UNDIP Kukuhkan 1.535 Mahasiswa Baru

Senin, 15 Agustus 2022 | 18:08 WIB

PIP Semarang Gelar Diklat bagi Nelayan di Lombok

Kamis, 4 Agustus 2022 | 13:25 WIB
X