Hari Tani Nasional, EdenFarm Teruskan Komitmen untuk Tingkatkan Kesejahteraan Petani

- Sabtu, 24 September 2022 | 07:56 WIB
Startup rantai pasok pangan B2B EdenFarm  sampai saat bermitra dengan lebih dari 4.000 petani di seluruh Pulau  (istimewa)
Startup rantai pasok pangan B2B EdenFarm sampai saat bermitra dengan lebih dari 4.000 petani di seluruh Pulau (istimewa)

 

JAKARTA, AYOSEMARANG.com– Startup rantai pasok pangan B2B EdenFarm  sampai saat bermitra dengan lebih dari 4.000 petani di seluruh Pulau Jawa untuk memenuhi permintaan 50.000 pelanggan di segmen B2B (business-to-business).

EdenFarm merupakan inisiasi dari para co-founders, David Setiyadi Gunawan (Chief Executive Officer), Ramavito Mountaino (Chief Financial Officer), dan Febrianto Gamal (Chief Operating Officer), yang melihat adanya ketimpangan harga pangan dan pendapatan petani akibat rantai pasok yang tidak efisien, hasil produksi yang tidak konsisten dan harga yang tidak transparan.

Feeding The Nation menjadi visi perusahaan, yang ditunjang dengan tiga misi utama yaitu melayani industri B2B (business-to-business) dengan ekosistem pangan berbasis teknologi, menciptakan pasar tanpa harga spekulatif, dan meningkatkan kesejahteraan para petani lokal.

Baca Juga: Hujan Es di Ngaliyan Semarang, Lubangi Atap Rumah Sampai Pohon Tumbang

"Harapan ke depannya kami dapat menjangkau lebih banyak lagi mitra petani dan membuka kesempatan yang lebih besar untuk meningkatkan kesejahteraan petani Indonesia," ujar Tyara Putri, Corporate Communication Manager, EdenFarm, Sabtu 24 September 2022.

Pemberdayaan terhadap petani telah dilakukan oleh EdenFarm melalui berbagai pendampingan dan pelatihan. Antara lain melalui Eden Teman Tani, kegiatan pelatihan rutin bagi para mitra tani di sekitar Eden Collection Facility (ECF), serta berkolaborasi dengan pihak eksternal untuk memberikan pelatihan kepada petani lokal yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Selain melalui berbagai pelatihan, EdenFarm juga memberdayakan petani melalui program kemitraan berupa penyaluran sarana produksi (saprodi) pertanian seperti benih, pupuk dan obat-obatan, dan pengembangan IoT untuk perekaman kondisi cuaca, iklim, unsur tanah untuk dapat memformulasi pupuk yang tepat. Mitra tani EdenFarm juga secara otomatis mendapatkan Farmers ID yang dapat disinkronisasi dengan aplikasi petani (Farmers App) untuk memonitor kinerja petani, dan berkesempatan untuk mengikuti program beasiswa anak petani dan umroh sesuai skema yang berlaku," tambah Tyara.

 

Halaman:

Editor: arri widiarto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengguna Gadget Sering Abai Soal Keamanan Data Pribadi

Senin, 21 November 2022 | 13:33 WIB
X