Patung Ganesha, Tujuan Wisata Baru di Banjarejo Grobogan

- Sabtu, 29 Desember 2018 | 13:03 WIB
Pertunjukan tari di depan patung Ganesha di halaman Balai Desa Banjarejo, Sabtu (29/12/2018). (Arie Widiarto/Ayosemarang.com)
Pertunjukan tari di depan patung Ganesha di halaman Balai Desa Banjarejo, Sabtu (29/12/2018). (Arie Widiarto/Ayosemarang.com)

PURWODADI, AYOSEMARANG.COM--Desa Banjarejo, Kecamatan Gabus, Kabupaten Grobogan kini memiliki ikon baru untuk wisata yakni Rumah Fosil Banjarejo. Ikon baru tersebut yakni patung Ganesha tidur berwarna emas. Patung tersebut menjadi penghuni baru di halaman Balaidesa Banjarejo.

Sebelumnya, di Balai Desa Banjarejo sudah terdapat patung Balung yang merupakan kependekan dari Bajul Putih Joko Linglung dan patung Garuda Pancasila. Patung Ganesha tidur sendiri baru diresmikan Bupati Grobogan Sri Sumarni, awal Desember lalu.

Kepala Desa Banjarejo, Ahmad Taufik, mengatakan patung Ganesha itu berukuran, panjang 11 meter, lebar 1 meter dan tinggi 4,5 meter. Patung tersebut didesain dan dibuat seniman asal Desa Keyongan, Kecamatan Gabus yang tinggal di Yogyakarta, Gunawan.

Menurutnya, pembuatan patung Ganesha dilakukan dengan beberapa alasan. Patung tersebut sebagai simbol pernah bersinggahnya masyarakat beraliran Animisme, Hindu dan Budha di Desa Banjarejo. Kemudian, penemuan fosil di Desa Banjarejo didominasi dari jenis gajah purba.

"Kami pilih Ganesha tidur dengan latar belakang yang terjadi di desa ini. Di luar dugaan, pembuatan patung ini mendapat respons positif dari warga. Hampir setiap hari dikunjungi untuk berswafoto di depan patung tersebut," katanya, Sabtu (29/12/2018).

Animo warga yang berkunjung ke Desa Banjarejo, Kecamatan Gabus meningkat cukup signifikan sepanjang Ramadan ini. Naiknya pengunjung itu salah satunya disebabkan adanya patung Ganesha dengan pose tidur di halaman balaidesa. Di sekitar patung Ganesha juga terdapat taman-taman untuk mempercantik wajah.

Saat ini, pembangunan patung dewa berkepala gajah namun bertubuh manusia menjadi tujuan wisata baru di desa tersebut. Letaknya berada di sisi selatan halaman Balaidesa Banjarejo. Keberadaan taman dan patung Ganesha itu juga mendapat apresiasi Bupati Sri Sumarni.

"Patung besar Ganesha tidur di sisi selatan halaman balai desa itu makin menambah daya tarik. Dengan penataan seperti ini, tidak heran jika banyak yang senang datang ke Banjarejo. Kami harap ini menjadi salah satu destinasi wisata andalan Grobogan,’’ ujar Sri Sumarni. 

Editor: Andri Ridwan Fauzi

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kota Pekalongan Terendam, Ratusan Jiwa Mengungsi

Kamis, 14 Maret 2024 | 17:19 WIB
X