Yamaha Aerox

Prodi Arsitektur Unika Gelar Kuliah Pakar Utilitas Bangunan

  Kamis, 14 Maret 2019   Afri Rismoko
Suasana kuliah pakar di Gedung Henricus Constant ruangan A.3.6 Unika Soegijapranta, Rabu (12/3/2019). (Istimewa)

GAJAHMUNGKUR, AYOSEMARANG.COM -- Program studi (Prodi) Arsitektur Unika Soegijapranata mengadakan Kuliah Pakar mengenai utilitas bangunan, Rabu (12/3/2019) di Gedung Henricus Constant ruangan A.3.6 Unika Soegijapranta. 

Kuliah pakar ini merupakan kegiatan rutin bagi prodi Arsitektur Unika dengan mendatangkan seorang pakar atau akademisi dari luar kampus yang berdomisili di Jakarta yaitu  Ir Soenarto Pancaputra MT sebagai praktisi profesional dalam utilitas bangunan terkait dengan perancangan dan perencanaan pembangunan gedung bertingkat.

Kuliah pakar ini dihadiri oleh para mahasiswa prodi Arsitektur semester empat dan lima.

Ir Soenarto menyampaikan materi terkait utilitas bangunan bertingkat banyak (middle rise building), termasuk didalamnya penggunaan air kotor dan bersih, sistem ventilasi dan pengkondisian udara, serta sistem pemadaman kebakaran dalam gedung bertingkat. Dia mengajak para mahasiswa untuk ikut menjaga lingkungan seperti diantaranya mengurangi penggunaan AC (Air Conditioner).

“Seperti yang kita ketahui bahwa penggunaan AC menggunakan energi, dan semakin banyak energi yang digunakan tentu akan melukai bumi. Alangkah baiknya bila tidak menggunakan AC karena dapat membantu melestarikan bumi,” katanya.

Dia mengimbau jika ingin udara lebih sejuk dan tidak panas maka harus dilakukan gerakan menanam pohon, utamanya di sekitar bangunan.

“Sehingga udara akan terasa sejuk. Dan seperti itu desain yang bisa kalian buat,” imbuhnya.

 Ir FX Bambang Suskiyatno MT selaku dosen prodi Arsitektur Unika Soegijapranata menerangkan, tujuan diadakannya kuliah pakar ini ialah agar para mahasiswa mampu menambah ilmu dan mengaplikasikan apa yang didapat ke dalam tugas perkuliahan.

“Semester empat nanti tugasnya adalah lima lantai dengan basement, sedangkan semester enamnya sepuluh lantai dengan basement. Sehingga harapannya setelah mengikuti kuliah pakar ini, para mahasiswa mampu mengaplikasikan apa yang mereka dapat selama mengikuti kuliah pakar ini ke dalam tugas mata kuliah,” tandasnya.  

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar