Yamaha NMax

Balekambang, Tempat Ngadem di Kota Solo

  Jumat, 17 Mei 2019   Adi Ginanjar Maulana
Balekambang Kota Solo

MELANCONG ke Kota Solo, Jawa Tengah, yang berhawa panas, agaknya kurang lengkap rasanya jika tidak ngadem sejenak di Taman Balekambang. 

Terletak di sebelah barat Terminal Tirtonadi, Taman Balekambang bukan saja menjadi salah satu paru-paru Kota Solo, tetapi juga sebagai tempat rekreasi warga yang murah, meriah dan menyehatkan.

Menempati lahan seluas 9,8 hektare, Balekambang awalnya merupakan taman pribadi yang sengaja dibangun oleh KGPAA Mangkunegara VII pada tanggal 26 Oktober 1921, dan didedikasikan untuk dua putrinya yaitu Gray Partini Husein Djayaningrat dan Gray Partinah Sukanta.

Oleh karena itu, taman ini terbagi dua bagian. Taman pertama, di sebelah barat, diberi nama Partini Tuin, berfungsi sebagai kolam penampungan air.  

Taman kedua, di sisi timur, diberi nama Partinah Boss yang ditanami sejumlah tumbuhan langka seperti kenari, beringin putih, beringin sungsang, dan apel coklat. Fungsi taman ini adalah sebagai kawasan resapan air dan paru-paru kota.

Pada mulanya, Taman Balekambang tidak dibuka untuk khalayak. Baru pada era KGPAA Mangkunegara VIII, taman ini mulai dibuka untuk publik. Sejak itu, mulai pula diselenggarakan beragam pertunjukan kesenian untuk rakyat, seperti ketoprak lesung.

Pada tahun 2008, dilakukan revitalisasi atas Taman Balekambang. Setelah itu, Taman Balekambang mulai dimultifungsikan sebagai taman seni & budaya, taman botani, taman edukasi, dan taman rekreasi.

Untuk masuk ke taman ini, pengunjung tak dipungut tiket. Hanya perlu membayar parkir kendaraan jika membawa mobil atau sepeda motor. Tapi, jika ingin masuk ke taman reptil yang ada di dalam taman ini, pengunjung harus membelil tiket seharga Rp 5.000.

Area Taman Balekambang terletak di Jalan Balekambang 1, Solo. Buka mulai pukul 07.00 hingga 18.00 WIB setiap hari. Pengunjung dapat menyusuri jalan-jalan setapak dibawah rindangnya dan semilirnya pepohonan untuk mengelilingi taman.

Usai lelah berkeliling, mereka bisa duduk-duduk dikursi taman yang di desain unik maupun lesehan di atas rumput taman sembari menikmati kicauan burung, atau melakukan swafoto bersama sejumlah rusa jinak yang ada di taman.

Kalau Anda kebetulan sedang bertandang ke Kota Solo, barangkali tak ada salahnya menyempatkan diri untuk ngadem sejenak di Balekambang.

-Djoko Subinarto

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar