Yamaha Aerox

Kurangi Sampah Plastik, Pemkot Magelang Ajak ASN Bawa Tumbler

  Selasa, 18 Juni 2019   M Naufal Hafiz
Ilustrasi. (Pixabay)

MAGELANG, AYOSEMARANG.COM—Untuk mengurangi sampah plastik, Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Kota Magelang mengimbau para pejabat dan aparatur sipil negara di daerah tersebut membawa tumbler alias botol minum sendiri ke kantor.

"Melalui surat edaran, kami imbau para pejabat dan ASN untuk bawa tumbler ke kantor dan kebutuhan sehari-hari. Ini untuk mengurangi sampah plastik di lingkungan kita," kata Pelaksana Tugas Kepala DLH Pemkot Magelang Otros Trianto di Magelang, melalui keterangan tertulis, Selasa (18/6/2019).

AYO BACA : Alfani, Pemuda yang Olah Sampah Plastik Jadi Paving Block

Ia menjelaskan, sampah plastik menjadi ancaman serius terhadap kelestarian bumi, antara lain karena tidak bisa terurai atau membusuk hingga ratusan tahun.

Oleh karena itu, ujar dia, perlu langkah nyata terhadap pengurangan penggunaan berbagai bahan yang bisa menambah sampah plastik.

AYO BACA : HARRIS Hotel Ajak Masyarakat Tukar Sampah Plastik dengan Buah Jeruk

Ia mengaku bahwa imbauan melalui surat edaran kepada berbagai instansi itu tidak bisa secara langsung dan 100 persen menghilangkan produksi sampah plastik.

Akan tetapi, kata dia, setidaknya ada upaya serius pemkot setempat dalam mengurangi penggunaan berbagai barang yang mengakibatkan sampah plastik dan membangun budaya ramah lingkungan.

"Para pejabat di lingkungan Pemkot Magelang bisa menjadi contoh bagi bawahannya, untuk mengganti minuman kemasan dengan tumbler yang bisa diisi ulang. Kalau ada acara atau kegiatan, bisa pakai gelas," kata Otros.

AYO BACA : Selama Ramadan, Produksi Sampah di Tegal Capai 600 Meter Kubik per Hari

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar