Ini Manfaat Ajaib dari Teh Hijau

- Senin, 1 Juli 2019 | 10:19 WIB
Teh hijau (Pixabay)
Teh hijau (Pixabay)

AYOSEMARANG.COM--Teh hijau disebut-sebut sebagai salah satu minuman paling sehat. Ini adalah salah satu minuman yang paling banyak dikonsumsi di Jepang karena teh hijau dianggap anti-penuaan. Menurut sebuah penelitian, teh hijau mengandung jumlah antioksidan tertinggi yang menyumbang sekitar 30% dari berat daun teh hijau kering.

Teh hijau mengandung flavonol dan katekin (epicatechin, epigallocatechin, gallocatechin dan turunan gallate). Senyawa yang paling kuat dalam teh hijau adalah EGCG (epigallocatechin-3-gallate) yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Senyawa lain yang ditemukan dalam teh hijau adalah kuersetin, apigenin, asam linoleat, karbohidrat, metilxantin, sejumlah kecil karoten dan mineral seperti kalsium, magnesium, besi, mangan, tembaga, seng, dan kromium.

Berikut manfaat teh hijau untuk kesehatan:

1. Menurunkan kolesterol

Teh hijau mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik, serta melindungi jantung dari stroke dan penyakit jantung. Menurut sebuah penelitian, minum teh hijau dapat menurunkan penyakit jantung hingga 31 persen.

2. Mengurangi risiko kanker

Teh hijau mengandung antioksidan polifenol yang telah terbukti mengurangi risiko berbagai jenis kanker seperti prostat, usus besar, dan kanker payudara.

3. Membantu menurunkan berat badan

Teh hijau telah terbukti meningkatkan laju metabolisme, mempercepat pembakaran lemak, dan meningkatkan pengeluaran energi sebesar 4%, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition. Studi lain menunjukkan bahwa, kafein dalam teh hijau dapat membantu meningkatkan kinerja fisik hingga 11 hingga 12%.

4. Meningkatkan fungsi otak

Teh hijau dapat meningkatkan fungsi otak Anda dan membuat Anda lebih pintar dengan meningkatkan neuron dan konsentrasi neurotransmiter seperti dopamin dan norepinefrin. Minum teh hijau akan meningkatkan suasana hati Anda, meningkatkan kewaspadaan dan daya ingat serta menurunkan risiko penyakit Alzheimer dan Parkinson.

5. Menurunkan risiko diabetes

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa teh hijau dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan kadar gula darah. Studi lain menemukan bahwa orang yang minum teh hijau memiliki risiko 18% lebih rendah menjadi diabetes.

6. Mengurangi penyakit kulit

Halaman:

Editor: Adi Ginanjar Maulana

Tags

Rekomendasi

Terkini

X