Yamaha Aerox

Mahasiswa Udinus Belajar Storyboard Bersama Papillon Studio

  Kamis, 11 Juli 2019   Vedyana Ardyansah
Mahasiswa Program Studi Animasi D-4 Universitas Dian Nuswantoro Semarang (Udinus) mendapat pelatihan pembuatan storyboard dari perusahaan komik dan ilustrasi Indonesia, Papillon Studio. (ist)

SEMARANG UTARA, AYOSEMARANG.COM-- Puluhan Mahasiswa Program Studi Animasi D-4 Universitas Dian Nuswantoro Semarang (Udinus) Semarang tampak asyik membuat coretan di atas kertas. Mereka duduk santai di Taman Srigunting Kota Lama, Kamis (11/7/2019). Mereka sedang belajar membuat storyboard bersama perusahaan komik dan ilustrasi Indonesia, Papillon Studio.

Peserta pelatihan belajar secara berkelompok dengan episode yang masih dalam satu alur cerita.  Maisng-masing kelompok bebas menentukan setting, tokoh dan maupun ilustrasi lainnya di dalam storyboard yang mereka buat. 

Direktur Papillon Studio, Burhan Arif mengatakan pelatihan tersebut diharapkan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam membuat alur cerita film animasi.

"Ekplorasi kami berikan kepada mahasiswa. Mereka bisa saling bertanya kepada satu sama lainnya untuk menambah referensi eksplorasinya," ujarnya.

Ia memilih untuk mengajak mahasiswa beajar di ruang terbuka agar mahasiswa bebas bertukar pendapat. Selain itu belajar di ruang terbuka bisa memicu kreativitas mahasiswa. 

"Kami pilih lokasi pelatihan di kawasan Kota Lama dikarenakan banyak objek yang mampu memberikan ide dalam pembuatan storyboard dari mahasiswa. Objek-objek yang dapat diambil seperti turis yang berkunjung, objek lampu yang artistik, desain bangunan di kawasan Kota lama dan sebagainya," katanya.

Terpisah, Kaprodi Animasi Udinus, Khafiizh Hastuti menagatakan, pembelajaran di luar kelas sebagai satu cara untuk melatih mental para mahasiswa Prodi Animasi D-4 Udinus untuk siap terjun ke dunia industri kreatif. Sebelumnya mahasiswa juga telah mendapatkan berbagai ilmu sinematografi di kelas. 

"Dunia animasi di era digital akan terus berkembang dan menjadi alat untuk penyampaian informasi yang mudah dipahami oleh masyarakat," katanya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar