Dahlan Iskan: Pohon Sengon di Semarang, Mati Listrik Sampai Jakarta

- Rabu, 7 Agustus 2019 | 18:34 WIB
Garis polisi tampak mengitari lokasi kejadian ledakan di Kampung Malon Gunungpati, Rabu (7/8/2019). (Vedyana Ardyansah/ ayosemarang)
Garis polisi tampak mengitari lokasi kejadian ledakan di Kampung Malon Gunungpati, Rabu (7/8/2019). (Vedyana Ardyansah/ ayosemarang)

SEMARANG TENGAH, AYOSEMARANG.COM-- Dirut PT PLN (Persero) periode 2009-2011 Dahlan Iskan buka suara terkait pemadaman listrik massal pada Minggu (4/8/2019) yang mengakibatkan aktivitas lumpuh di Banten, Jakarta, dan Jawa Barat. Saat itu listrik mati antara 10 hingga 24 jam lebih.

Dalam laman Dahlan Iskan Way (DI's Way-Catatan Harian Dahlan Iskan) yang dikutip Rabu (7/8/2019), Dahlan menyoroti penyebab listrik padam, manajemen recovery, sistem aliran listrik Jawa-Bali, ganti rugi PLN Rp1 triliun, hingga Kopassus Pusat Pengatur Beban (P2B).

Dahlan menceritakan betapa peristiwa ini kelihatannya sepele sekali, hanya gara-gara satu pohon sengon mengakibatkan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) di Pemalang, Jawa Tengah, bermasalah sehingga berakibat fatal sampai melumpuhkan listrik di sebagian Pulau Jawa.

Berikut artikel utuh Dahlan Iskan dalam DI's Way.

Sengon 1 Triliun

Oleh: Dahlan Iskan

Sepele sekali. Kelihatannya. Hanya gara-gara satu pohon sengon. Listrik seluruh Jakarta padam. Juga Jabar. Dan sebagian Jateng. Minggu-Senin lalu.

Pohon sengonnya ada di Desa Malon. Nun jauh di Gunung Pati, 28 km selatan Semarang. Mati listriknya sampai Jakarta.

Maka pohon sengon itu perlu diabadikan. Fotonya. Untuk dipasang di seluruh kantor PLN. Sebagai monumen. Yang harus diajarkan turun-temurun. Dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Betapa mahalnya pohon sengon itu. Sampai membuat berjuta-juta orang menderita. Pun kereta bawah tanah. Yang masih baru. Ikut lumpuh. Penumpangnya harus dievakuasi. Presiden Jokowi sampai marah karenanya.

Bahkan PLN sendiri sampai harus mengeluarkan ganti rugi kepada konsumen. Nilainya sampai Rp 1 triliun.

Satu pohon sengon. Di sebuah desa. Mampu menggegerkan mayapada.

Pohon sengon itu tidak salah. Tumbuhnya di dalam pagar penduduk. Tapi menjulang sangat tinggi.

Tinggi tiang SUTET itu 40 meter. Tapi bentangannya menggelayut. Tinggi 18 meter. Tinggi sengon itu sekitar 15 meter. Sudah mencapai medan magnet SUTET.

Halaman:

Editor: Abdul Arif

Tags

Rekomendasi

Terkini

X