Mahasiswa UNDIP Ubah Kotoran Ternak Menjadi Pupuk Bokashi Kaya Manfaat

  Jumat, 16 Agustus 2019   Abdul Arif
Tim II KKN UNDIP mengadakan pelatihan kader tani sekitar Desa Krapyak dalam mengolah limbah kotoran ternak dengan metode fermentasi menjadi pupuk bokashi., Kamis (15/8/2019).

JEPARA, AYOSEMARANG.COM-- Tim II KKN UNDIP mengadakan pelatihan kader tani sekitar Desa Krapyak dalam mengolah limbah kotoran ternak dengan metode fermentasi menjadi pupuk bokashi. Pupuk bokashi merupakan pupuk organik yang dibuat dengan menambahkan EM4 (bakteri dekomposer). 

AYO BACA : Dharma dan Satya Pramuka Untuk Bangsa

Proses pembuatan pupuk bokashi jauh lebih cepat dibandingkan dengan pengomposan konvensional. Kegiatan itu dilakukan pada hari Kamis (15/8/2019), diikuti oleh pengurus GAPOKTAN yang nantinya akan menjadi kader dalam mempelopori masyarakat sekitar khususnya para petani untuk mengolah limbah kotoran ternak menjadi pupuk bokashi.

AYO BACA : Pengabdian Masyarakat dengan Sosialisasi E-Commerce untuk UMKM

Kotoran ternak di Desa Krapyak masih belum dimanfaatkan secara optimal dan menjadi limbah bagi masyarakat sekitar. Tim KKN II UNDIP berupaya memberikan salah satu alternatif pengolahan limbah kotoran ternak menjadi pupuk dengan cara yang sederhana sehingga dapat dilakukan secara mandiri atau diteruskan oleh kader GAPOKTAN maupun masyarakat. Pembuatan pupuk bokashi dilakukan secara bertahap dengan bahan utama kotoran ayam yang diformulasikan dengan tetes tebu, dedak, dan EM4. Proses fermentasi berlangsung selama kurang lebih 7 hari hingga pupuk siap diaplikasikan ke tanaman.

Kegiatan pembuatan pupuk disambut antusias oleh para kader yang turut mengikuti serangkaian tahapan pembuatan pupuk bokashi. 

"Adanya pelatihan ini mampu menjadi solusi pengurangan limbah kotoran ternak dengan cara yang efektif serta dapat menghemat biaya pembelian pupuk tanaman” tutur Saroni, salah satu pengurus GAPOKTAN.

Fauzan Wijaya, Anggota Tim II KKN Undip di Jepara 

AYO BACA : Tujuh Dosen Unnes Gelar Sosialisasi Literasi Keuangan

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar