Tim KKN Undip Antarkan Perpustakaan Griya Cerdas Juara I Lomba Tingkat Kabupaten

  Jumat, 16 Agustus 2019   Abdul Arif
Mahasiswa KKN UNDIP bersama kader posyandu di perpustakaan griya cerdas. (dok Tim KKN Undip)

SEMARANG, AYOSEMARANG.COM-- Perpustakaan Desa Griya Cerdas, Gunung Tumpeng, Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang berhasil meraih juara pertama Lomba Perpustakaan Tingkat Kabupaten Semarang. Lomba yang diselenggarakan oleh Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Kabupaten Semarang, diikuti oleh seluruh perpustakaan desa di wilayah kabupaten yang terletak di bawah lereng Gunung Ungaran ini.

Penilaian lomba dilaksanakan pada bulan Juli 2019 lalu oleh tim yang mumpuni dalam bidang pengelolaan perpustakaan. Adapun tujuan lomba yang dilaksanakan rutin setiap tahun ini untuk memotivasi para pengelola perpustakaan untuk dapat mengelola perpustakaan sesuai ketentuan. 

Diharapkan dengan lomba ini akan muncul perpustakaan-perpustakaan desa yang dikelola secara profesional dan memenuhi standar sebuah perpustakaan.

Menurut Ketua pengelola Perpustakaan Griya Cerdas Esti, keberhasilan memperoleh juara pertama ini tidak lepas dari partisipasi para mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) yang tengah melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang tergabung dalam Tim II. 

Para mahasiswa Tim II KKN Undip turut membantu dalam hal penataan ruang, pengarsipan ulang buku-buku koleksi serta penataan administrasi managemen perpustakaan.

Tidak hanya itu, Tim II KKN UNDIP juga mencanangkan berbagai macam program, salah satunya program yang mendukung diminatinya perpustakaan sebagi salah satu kebutuhan hidup masyarakat desa. Program itu tak lain adalah wajib baca setiap hari Jumat dalam rangka mengoptimalisasikan Desa Gunung Tumpeng sebagai desa Pendidikan.
\n  
\nMenurut Esti, pencapaian juara pada tahun ini merupakan peningkatan prestasi yang diperoleh Perpustakaan Griya Cerdas. Pada tahun 2018, Perpustakaan Griya Cerdas hanya berhasil meraih juara II tingkat Kabupaten Semarang.  Pada tahun ini berkat bantuan Tim II KKN Undip serta perangkat desa dan masyarakat, Perpustakaan Griya Cerdas dapat meraih juara pertama.  

Atas prestasi ini Perpustakaan Griya Cerdas berhak mewakili Kabupaten Semarang di tingkat Provinsi Jawa Tengah untuk lomba yang sama.

Mahasiswa KKN TIM II UNDIP di desa Gunung Tumpeng terdiri dari 7 fakultas yaitu, Stefani Clara (Fakultas Kedokteran), Attila Yulaicha (Fakultas Kedokteran), Galih Tristianto (Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan), Deaventa Putri (Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan), Raissa Dika (Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan), Ayu Rizky (Fakultas Hukum), Lia Istianadewi (Fakultas Sains dan Matematika), Rudolfin Riza (Fakultas Teknik), M. Hafez Nourie (Fakultas Teknik), Erick Tahta (Fakultas Perternakan dan Pertanian), Siti Meliawati (Fakultas Peternakan dan Pertanian), dan Laili Salsabila (Fakultas Ekonomi dan Bisnis).

Stefani Clara, anggota Tim II KKN Undip di Suruh, Kabupaten Semaran

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar