Wujudkan Desa Kuliner, KKN Undip Laksanakan Gerakan Revolusi Mental

  Sabtu, 17 Agustus 2019   Adib Auliawan Herlambang
Rektor UNDIP, Prof Yos Johan Utama berkunjung ke stand Expo KKN TIM II UNDIP 2019. (Istimewa)

Wujudkan desa kuliner, Kuliah Kerja Nyata (KKN) TIM II Universitas Diponegoro (UNDIP) 2019 di Kelurahan Kebondalem, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang melaksanakan tiga program yang dirangkum dalam Gerakan Revolusi Mental. Ketiga program tersebut ialah program Indonesia Melayani, Indonesia Bersih, dan Indonesia Mandiri.

Program KKN Revolusi Mental (RM) ini merupakan bentuk kerjasama antara UNDIP dengan Kementerian Koordinator dan Pembangunan Manusia Kebudayaan  (Kemenko PMK) serta Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (kemenristekdikti). Koordinator desa (Kordes) KKN TIM II Universitas Diponegoro (UNDIP) 2019 di Kelurahan Kebondalem, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang, Gerald Damping (Gege) mengatakan tiga program tersebut dibagi menjadi 7 program yang lebih spesifik. 7 program itu antara lain pendampingan Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT), pendampingan Izin Usaha Mikro (IUM), pembentukan Sistem Informasi Desa (SID), Bersih Desa, Pembuatan Video, Publikasi Kegiatan, dan Optimalisasi potensi desa.

“Diharapkan dengan adanya program Revolusi Mental, kami KKN TIM II UNDIP 2019 dapat mengubah karakter perilaku masyarakat setempat supaya lebih bersih dan mandiri. Dengan cara  mengimplementasikan nilai dan gerakan Revolusi Mental,” katanya.
\n 
\nTarget dari program ini tidak hanya mengupayakan masyarakat menjadi lebih bersih dan mandiri namun juga untuk meningkatkan akses pelayanan publik yang lebih optimal dengan bersinergi bersama perangkat desa. Sasaran dari program ini diantaranya pelaku usaha, perangkat kelurahan dan masyarakat umum.

Dimulai sejak pekan pertama penerjunan mahasiswa ke lokasi KKN 9 Juli – 20 Agustus 2019, KKN TIM II UNDIP 2019 Kelurahan Kebondalem mengawali kegiatan dengan survey ke lingkungan kelurahan untuk mengetahui usaha, potensi, dan masalah yang sedang dihadapi Kelurahan Kebondalem.

Pendampingan Pendaftaran PIRT dan IUM dilakukan kepada beberapa pelaku usaha di Kelurahan Kebondalem yang menjadi anggota dari kelompok UPPKS Bunga Sepatu. PIRT dengan mendaftar untuk mendapatkan sertifikat Penyuluhan Keamanan Pangan (PKP) yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Pemalang. IUM dimulai dengan pengumpulan formulir dan persyaratan,selanjutnya didaftarkan ke kecematan Pemalang sampai dengan dikeluarkan sertifikan IUM.

KKN TIM II UNDIP 2019 Kelurahan Kebondalem telah berhasil memperbaharui konten website kelurahan yang telah ada, yang berisi tentang profil kelurahan, informasi kelembagaan kelurahan dan lain-lain. Sebelumnya website kelurahan tidak  ada informasi apapun terkait Kelurahan Kebondalem. Kini, sistem informasi Kelurahan Kebondalem dapat diakses di tautan http://kebondalem.pemalangkab.go.id/.

Terkait dengan bersih desa, KKN TIM II UNDIP 2019 Kelurahan Kebondalem telah melakukan kegiatan kerja bakti tiap pekan dihari jumat pagi. Kami juga memberikan alat-alat yang menunjang kebersihan kelurahan seperti sapu lidi, pengki, pacul, arit, dan tempat sampah. Kebersihan dilakukan bersama dengan masyarakat dan perangkat kelurahan yang berlokasi di berbeda RW tiap pekannya.

Tak hanya itu,  Dalam pemenuhan program Optimalisasi Potensi Desa, mahasiswa KKN TIM II UNDIP 2019 juga mewujudkan kelurahan kuliner sebagai icon Kelurahan Kebondalem. Produk unggulan yang dicanangkan antara lain sirup jahe, bubuk jahe, kue khamir, kripik tempe, kuwe satu kacang hijau, dan permen jelly tengkuah. Pengenalan kelurahan kuliner kebondalem melalui ajang EXPO yang diselenggarakan oleh mahasiswa KKN TIM II UNDIP 2019 di Desa Penggarit, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang pada Rabu, 14 Agustus 2019 mulai pukul 08.00 WIB sampai selesai. Adapun produk yang ditampilkan ketika expo adalah inovasi dari mahasiswa yang menjadi salah satu produk unggulan kelurahan yaitu JEJA (Permen Jelly Jahe).

Acara EXPO yang diselenggarakan oleh para mahasiswa KKN TIM II UNDIP 2019 berlangsung meriah yang dihadiri oleh seluruh mahasiwa KKN yang diterjunkan di Kabupaten Pemalang. Mahasiswa KKN menempati stand-stand setiap daerahnya yang terdiri dari 5 Kecamatan yaitu Kecamatan Pemalang, Taman, Petarukan, Bodeh dan Ulujami. Kami ditempatkan di Kecamatan Pemalang, yang terdiri dari 7 Kelurahan dan 2 Desa. Kelurahan yang terdiri dari Kelurahan Sugihwaras, Widuri, Kebondalem, Pelutan, Mulyoharjo, Bojongbata, dan Paduraksa. Sedangkan Desa Tambakrejo dan Desa Pegongsoran. Acara EXPO ini juga dihadiri oleh Rektor UNDIP, Prof Yos Johan Utama serta Bupati Pemalang H Junaedi SH MH.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar