Mahasiswa KKN Unnes Inisiasi Pasar Kreasi Desa Randugunting

  Senin, 02 September 2019   Abdul Arif
Mahasiswa KKN Unnes inisiasi Pasar Kreasi Desa Randugunting. (dok)

SEMARANG, AYOSEMARANG.COM-- Tahu dan kain perca merupakan bahan produk yang mendominasi di Desa Randugunting, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang. Setidaknya terdapat beberapa UMKM Tahu dan perajin kain perca di desa ini. 

Bertepatan dengan adanya kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Negeri Semarang, maka mahasiswa KKN dari Unnes menggelar Pasar Kreasi Olahan Tahu dan juga Kain Perca. 

Acara ini diikuti beberapa perwakilan dari ibu-ibu PKK yang ada di Desa Randugunting mewakili RT/RW masing-masing. 

AYO BACA : Gebyar Pasar Dadakan di Jembatan Tugu Suharto

Terlihat antusiasme yang begitu tinggi dari beberapa warga desa yang mengikuti acara ini. Hal ini dapat dibuktikan dengan tingkat kreativitas dari beberapa warga yang membuat jenis makanan dari bahan dasar tahu, seperti Pizza Tahu, Brownis Tahu, dan Nugget Tahu. 

Tidak lupa juga beberapa peserta menggunakan kain perca yang dibuat menjadi tempat kantong kecil berisikan dompet maupun handphone, lalu juga taplak meja dan masih banyak lainnya.

Selama ini masyarakat awam hanya menganggap produk tahu hanya dapat digunakan seperti bahan makanan pada umumnya, namun dengan datang ke Pasar Kreasi ini menjadikan pola pikir warga dan peserta menjadi terbuka untuk menciptakan produk olahan yang bermacam-macam untuk dinikmati sendiri ataupun dapat dijadikan sebagai alat bisnis yang dapat menghasilkan keuntungan.

AYO BACA : Bank Jateng Sponsor Utama Konser Westlife di Sam Poo Kong

“Kami sangat berterima kasih kepada mahasiswa KKN Unnes khususnya, karena telah mengadakan Pasar Kreasi ini. Karena dapat memacu para warga desa guna menciptakan sesuatu yang baru yang dapat berguna untuk warga desa” ungkap salah satu peserta.

Pasar Kreasi Olahan Tahu dan Kain Perca ini tidak hanya berisikan peserta yang mengikuti lomba pasar kreasi ini, melainkan banyak juga warga berdatangan yang ingin tahu untuk melihat dan menyaksikan secara langsung hasil kreativitas yang dihasilkan oleh para peserta. 
\n“Acara ini baru terselenggara pertama kali di desa ini. Harapannya setiap tahun dapat rutin terselenggara agar dapat membantu perekonomian warga dan juga menjadi acara rutinan desa,’’ kata satu warga yang datang di Pasar Kreasi ini.

Mahasiswa KKN juga memberikan apresiasi terhadap para peserta Pasar Kreasi ini dengan memberikan penghargaan berupa uang pembinaan bagi para peserta yang dapat menampilkan hasil kreasi yang baik dan juga menarik. 

Dengan menugaskan 3 mahasiswa untuk berkeliling ke stand para peserta guna melihat dan mencicipi produk olahan yang telah dikemas sedemikian rupa agar terlihat menarik dan mampu menarik perhatian juri. Acara pun ditutup dengan pengumuman juara dari mahasiswa KKN, dan pemberian hadiah oleh para juri.

-Sari Fitri, Mahasiswa KKN Unnes

AYO BACA : Westlife Obati Rindu Ribuan Fans di Semarang

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar