Mencicipi Tahu Gimbal Pak Edi di Mugassari

  Jumat, 06 September 2019   Vedyana Ardyansah
Rival Fernanda sedang menggoreng gimbal udang untuk pesanan tahu gimbal di Jl Menteri Supeno, Mugasari Semarang, Jumat (6/9/2019). (Vedyana Ardyansah/ayosemarang.com)

SEMARANG TENGAH, AYOSEMARANG.COM-- Kota Semarang memiliki beragam kuliner yang bisa memanjakan lidah. Tahu gimbal adalah satu di antara kuliner khas Semarang yang wajib dicoba bila Anda berkunjung ke Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah ini.

Tahu Gimbal merupakan sajian yang terdiri dari tahu goreng, rajangan kol mentah, lontong,taoge, telur, dan gimbal (udang yang digoreng dengan tepung) dan dicampur dengan bumbu kacang yang khas karena menggunakan petis udang. Saus bumbu kacang untuk tahu gimbal agak sedikit encer.

AYO BACA : Aneka Rasa Jajanan Kue Kamir Khas Slawi

Tahu gimbal Pak Edi yang terletak di Jl Menteri Supeno, Mugassari Semarang adalah satu di antara tempat makan yang cukup tersohor. Lokasinya yang berdekatan dengan Taman Indonesia Kaya, bisa menjadi jujugan bagi Ada yang ingin mencicipinya.

Jualan tahu gimbal ini sudah 10 tahun lebih mas. Kakek saya jual dulu. Sekarang saya ikut bantu-bantu, ujar Rival Fernanda, cucu dari Pak Edi yang sekarang ikut berjualan tahu gimbal, kepada ayosemarang.com, Jumat (6/9/2019).

AYO BACA : Kue Pancong, Jajanan Tradisional yang Asyik untuk Teman Nongkrong

Rival mengatakan, pembuatan tahu gimbal Pak Edi sebenarnya tak jauh berbeda dengan tahu gimbal yang lain. Namun, tahu gimbal Pak Edi, memiliki resep tambahan yang diajarkan secara turun-temurun dari sang Kakek.

Semua bumbu yang digunakan untuk membuat tahu gimbal relatif mudah dicari. Tentunya pemilihan bumbu terbaik. Seperti daun sereh, rempah-rempah, kencur, jeruk, daun salam, pandan, dan bawang putih. Bumbunya juga nggak berubah dari dulu,” imbuhnya.

Untuk satu porsi tahu gimbal, anda hanya perlu merogoh kocek Rp 17.000. Harga yang relatif terjangkau. Tahu gimbal Pak Edi buka pukul 10.00 dan tutup pukul 22.00 WIB.

Agar lebih menambah kenikmatan sajian tahu gimbal, Es Campur Duren atau Es Duren bisa jadi pilihan. Campuran roti, nanas, kolang-kaling, jelly, blewah, melon, cincau, dawet, duren, disiram dengan susu, sirup dan es berpadu jadi satu, segar dan nikmat. 
\nKalau es campur biasa Rp 15.000,  pakai durian Rp 20.000, Es Duren saja Rp 25.000, imbuhnya.

AYO BACA : Gurih Manisnya Nasi Lengko Pi\'an, Ada Sejak 1926

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar