Glotak, Aneh Namanya Lezat Rasanya

  Selasa, 10 September 2019   Adib Auliawan Herlambang
Satu porsi Glotak Megap (Lilisnawati/Ayotegal)

TEGALTIMUR, AYOSEMARANG.COM -- Berbagai ragam kuliner kini menjadi salah satu produk unggulan dan daya tarik setiap daerah. Bahkan Pemerintah Daerah tengah menggencarkan promosi kotanya melalui sajian kuliner. Termasuk kuliner tradisionalnya.

Tak kalah dengan kuliner kota-kota besar di Indonesia, Kota Tegal juga memiliki setumpuk ragam kuliner yang patut dicicipi. Satu di antaranya Glotak.

AYO BACA : Gurih Manisnya Nasi Lengko Pi'an, Ada Sejak 1926

Glotak merupakan jajanan tradisional khas Tegal yang terbuat dari tempe gembus yang dicampur dengan balungan ayam maupun sapi.

Di Kota Tegal, sangat mudah menemukan jajanan bercita rasa pedas dan asam tersebut. Salah satu nya Glotak Megap di Jalan Kartini Kota Tegal atau tepatnya di depan Rumah Dinas Wakil Wali Kota Tegal.

AYO BACA : Kupat Glabed Khas Tegal Benar-benar Glabed

Ning (42) pemilik warung Glotak Megap, warga Kelurahan Debong Wetan mengatakan, nama glotak diambil dari bunyi balungan yang saat dimasak bersama tempe gembus.

"Dinamakan glotak kurang lebih karena balungan itu bunyi saat dimasak," katanya ditemui Ayotegal.com belum lama ini.

Biasanya, kata Ning, glotak dinikmati bersama satu porsi bubur dan ditambah kerupuk. Namun, tak sedikit mereka yang memilih untuk digado.

Satu porsi glotak cukup ekonomis yaitu hanya dijual Rp 5000.

Menurutnya, usaha yang dirintisnya itu merupakan hasil turun temurun dari orang tuanya. 

AYO BACA : Sagon, Kuliner Khas Tegal Sarat Makna

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar