Pakar Lingkungan Belgia Ajari Pelajar Olah Air Bersih

  Rabu, 11 September 2019   Vedyana Ardyansah
Pakar lingkungan hidup dan ahli bakteri asal Belgia, Olivier Piantadosi saat hadir di SMA Negeri 3 Semarang, Rabu (11/9/2019). (Vedyana/ayosemarang.com)

SEMARANG TENGAH, AYOSEMARANG.COM-- SMA Negeri 3 Semarang kedatangan pakar lingkungan hidup dan ahli bakteri asal Belgia, Olivier Piantadosi. Olivier yang didampingi Pembina Yayasan Kekuatan Cinta Bethania Eden, memberikan materi khusus pengolahan air bersih agar bisa layak konsumsi kepada sejumlah pelajar. Pengolahan tersebut baik air sungai ataupun air laut.

Air yang kurang bersih bisa menimbulkan autis. autism spectrum disorder (ASD) atau yang lebih sering disebut autisme, ujarnya dalam paparan dihadapan kurang lebih 30 siswa siswa SMA N 3 Semarang, Rabu (11/9/2019).

AYO BACA : Dijenguk, Quraish Shihab Sebut Habibie Sempat Keluarkan Air Mata

Olivier mencontohkan kehidupan masyarakat di Belgia yang sudah bisa secara langsung menikmati air dari keran tanpa harus dimasak.

Belgia memiliki 56 parameter untuk pengelolaan airnya. Sedangkan di sini baru 15 parameter, imbuhnya.

AYO BACA : Audisi Bulutangkis Djarum Dinilai Dekatkan Anak pada Rokok

Sementara itu, Bethania Eden membenarkan jika mengonsumsi air yang sudah tercemar memiliki potensi bisa menyebabkan autisme pada anak.

Berdasarkan data dari Kementerian ada 500 anak autis tiap tahunnya, jelasnya.

Menurutnya, sudah saatnya masyarakat menikmati air bersih yang terhindar dari beberapa bakteri yang merugikan. 

Harapannya masyarakat Semarang bisa menikmati air bersih yang langsung bisa diminum dari keran-keran. Untuk itu kita datangkan Mr Olivier ini untuk sharing bagaimana mengolah air sungai atau laut bisa langsung diminum, katanya.

AYO BACA : Kondisi Papua Barat Sudah Kembali Kondusif

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar