Ganjar Tinjau Huntara Kampung Jateng di Palu

  Selasa, 17 September 2019   Adib Auliawan Herlambang
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. (Afri Rismoko/Ayosemarang.com)

SEMARANG, AYOSEMARANG.COM -- Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mengunjungi Kampung Jateng yang menjadi hunian sementara bagi masyarakat korban bencana alam gempa bumi dan tsunami di Kota Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (17/9/2019). 

Kampung Jateng merupakan kawasan hunian sementara yang dibangun oleh pemerintah provinsi dan masyarakat Jawa Tengah untuk korban gempa, dimana terdapat 100 kepala keluarga yang menempati lokasi tersebut.

"Waktu itu (pascabencana alam gempa bumi dan tsunami, red) teman-teman dari Jawa Tengah menyumbangkan tenaga pikiran dan material untuk saudara-saudara di sini. Waktu saya datang ini masih kosong kemudian dibangunlah Huntara dan Alhamdulilah sekarang sudah bisa dipakai," kata Ganjar, Selasa (17/9/2019). 

AYO BACA : Masyarakat Perlu Pemahaman Perawatan Cagar Budaya

Ganjar mengungkapkan, saat ini Pemprov Sulawesi Tengah sedang menyelesaikan proses pembangunan hunian tetap untuk warga korban gempa dan tsunami.

Diharapkan, pembangunan hunian tetap yang dilakukan di daerah Tondo Kecamatan Mantikulore, Kota Palu, segera rampung agar dapat segera ditempati.

"Lokasinya di sekitar Universitas Negeri, Universitas Tadulako. Semoga masyarakat bisa segera pindah ke sana," ujarnya.

AYO BACA : Ganjar: Semakin Banyak Laporan Masuk, Justru Bagus

Selain ke Kampung Jateng, Ganjar juga melihat langsung puing-puing bangunan yang rusak akibat tsunami yang ada di bibir pantai Kota Palu.

Orang nomor satu di Jateng itu bahkan sempat termangu saat menyaksikan Masjid Apung yang sempat menjadi kebanggaan warga Kota Palu sebelum terjadi bencana dan bangunannya sekarang nampak tenggelam separuh.

"Kita doakan semoga proses pembenahan ini berjalan lancar," kata politikus PDI Perjuangan itu.

Rencananya, dalam kunjungan kerjanya di Kota Palu, Ganjar akan meresmikan SD Negeri 2 Sirenja Tanjung Padang pada Rabu (18/9) yang merupakan bantuan warga Jateng.

AYO BACA : Dikabarkan Jadi Mendagri, Ganjar: Halah Cuma Selebaran Saja

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar