FTIK USM dan BMKG Semarang Jalin MOU Optimalisasi SDM

- Rabu, 18 September 2019 | 21:08 WIB
Segenap dosen FTIK USM foto bersama dengan pegawai BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Kelas II Semarang, Rabu (19/9/2019).(Afri Rismoko/Ayosemarang.com)
Segenap dosen FTIK USM foto bersama dengan pegawai BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Kelas II Semarang, Rabu (19/9/2019).(Afri Rismoko/Ayosemarang.com)

SEMARANG UTARA, AYOSEMARANG.COM- Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi (FTIK) Universitas Semarang melakukan kerjasama dengan BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Kelas II Semarang. MOU yang dilakukan Rabu (19/9/2019) ini meliputi peningkatan sumber daya manusia dan pembuatan sistem aplikasi dan materi promosi.

AYO BACA : Pecahkan Rekor, 2.460 Mahasiswa Baru UPGRIS Buat Celengan dari Barang Bekas

Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Emas, Retno Widyaningsih berharap dengan adanya kerjasama ini nantinya dapat melibatkan mahasiswa FTIK USM dalam membuat sejumlah aplikasi dan materi promosi untuk memperkenalkan informasi meteorologi, klimatologi dan geofisika kepada masyarakat. 

AYO BACA : Kolaborasi Industri, Universitas dan Masyarakat Perlu Ditingkatkan

BMKG akan sangat terbuka bagi mahasiswa untuk belajar dalam pembuatan sejumlah aplikasi yang nantinya kontennya yang di dalamnya bisa dimanfaatkan masyarakat untuk mencari informasi terkait meteorologi, klimatologi dan Geofisika, ujar Retno Widyaningsih.

Dia menambahkan MOU tersebut nantinya diharapkan dapat terlaksana dengan baik dan memberikan manfaat bagi kedua belah pihak. Sebagai bentuk implementasi dari MOU yang akan berlangsung selama tiga tahun ini.

Dekan FTIK USM, Susanto MKom memastikan secara reguler akan menerjunkan mahasiswa untuk kuliah kerja lapangan, melakukan penelitian dan pembuatan aplikasi hingga sosialisasi informasi meteorologi, klimatologi dan Geofisika kepada masyarakat. 

Mahasiswa yang akan dilibatkan dalam implementasi ini tentu sudah kita bekali dengan pengetahuan yang mumpuni dan akan didampingi oleh dosen agar output yang didapat nantinya benar-benar berguna bagi masyarakat, ucap Susanto MKom.

AYO BACA : Kemendikbud Seriusi Penggunaan Kecerdasan Buatan untuk Pendidikan

Editor: Abdul Arif

Tags

Rekomendasi

Terkini

X