Bersiap, Dua Hari Lagi Terjadi Hari Tanpa Bayangan di Semarang

  Rabu, 09 Oktober 2019   Vedyana Ardyansah
Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Klimatologi BMKG Semarang Iis W Harmoko. (Vedyana/Ayosemarang.com)

SEMARANGTENGAH, AYOSEMARANG.COM -- Fenomena Kulminasi atau hari tanpa bayangan di Semarang akan terjadi, pada Jumat, 11 Oktober 2019. Hal tersebut disampaikan Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Klimatologi BMKG Semarang, Iis W Harmoko.

"Ini fenomena yang setiap tahun terjadi karena pergerakan Matahari. Untuk saat ini, pergerakan Matahari menuju ke arah selatan Khatulistiwa," ujarnya, Rabu (9/10/2019).

AYO BACA : Hari Tanpa Bayangan di Semarang Muncul 11 Oktober

Hari tanpa bayangan diperkirakan terjadi sekitar pukul 11.30 WIB. Menurut Iis, hari tanpa bayangan bukanlah fenomena yang menyeramkan dan masyarakat tak perlu panik. Itu merupakan peristiwa dimana matahari persis tegak lurus dan seolah bayangan tidak ada.

"Tidak ada efeknya. Cuman kondisi matahari persis di atas kita seolah tidakada bayangan, dan biasanya suhunya menghangat," imbuhnya.

AYO BACA : Tak Semua Daerah Bisa Melihat Halo Matahari

Hari tanpa bayangan bisa terjadi dua kali setahun yaitu ketika menjelang masuk musim hujan pada Oktober dan menjelang musim kemarau pada Februari.

"Kulminasi ini bisa dijadikan sebuah tanda akan terjadinya perubahan musim. Jika terjadi pada bulan Oktober, bisa diindikasikan musim hujan akan segera dimulai. Jika terjadi pada bulan Februari, bisa menjadi pertanda musim hujan akan segera berakhir," katanya.

Pihaknya berharap masyarakat untuk bisa meminta informasi ke BMKG terkait hari tanpa bayangan, jika nantinya ditemukan informasi-informasi kurang tepat atau salah terkait hari tanpa bayangan yang malah meresahkan masyarakat. "Kami siap memberikan informasi-informasi kepada masyarakat," pungkasnya.

AYO BACA : Phapros Stop Produksi dan Tarik Peredaran Obat Ranitidin

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar

Komentar