Konsumsi Isotonik saat Cuaca Panas, Bolehkah?

- Kamis, 31 Oktober 2019 | 08:03 WIB
Ilustrasi konsumsi minuman isotonik. (Healthline)
Ilustrasi konsumsi minuman isotonik. (Healthline)

SEMARANG, AYOSEMARANG.COM -- Cuaca yang panas dapat menyebabkan dehidrasi dan hilangnya cairan dalam tubuh. Karena kondisi panas ini, banyak orang yang memilih untuk mengonsumsi isotonik untuk menghilangkan dahaga dan menjaga tubuh tetap segar.

Namun, apakah isotonik sebenarnya boleh dikonsumsi saat cuaca panas?

AYO BACA : Minum Air Es di Suhu Udara Tinggi Buat Pembuluh Darah Meledak?

Menurut dr Alni Magdalena, anggota Alodokter, tidak ada masalah mengonsumsi isotonik di saat cuaca panas. Akan tetapi, akan lebih baik jika mengonsumsi air putih.

“Isotonik boleh tetapi tetap harus air putih yang utama. Di saat-saat tertentu misalnya habis liputan ke luar ruangan ingin minum minuman isotonik boleh,” ujarnya, seperti dilansir Antara (30/10/2019). 

AYO BACA : 10 Tindakan Ramah Lingkungan Ini Bisa Dilakukan di Kampus

Alni menambahkan, isotonik menjadi incaran sebagian orang dikala panas karena terasa lebih menyegarkan. Sayangnya, banyak yang tidak memperhatikan kadar gula yang terkandung dalam minuman isotonik.

“Isotonik enaknya dia lebih segar dan cepat terasa. Tetapi perlu perhatikan kadar gulanya. Kalau kadar gulanya terlalu banyak enggak baik,” ucap Alni.

Minuman dengan kandungan gula terlalu banyak tidak baik untuk tubuh. Mengonsumsi gula yang berlebih dapat menyebabkan timbunan lemak pada lingkar pinggang dan perut, karies gigi, dan kerusakan hati.

Dalam keterangannya, Alni menyebutkan, isotonik boleh dikonsumsi, namun tidak boleh berlebihan. Selain itu, bagi orang yang menderita gangguan ginjal, disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter sebelum mengonsumsi isotonik.

“Sama seperti vitamin C, kalau berlebihan warna urin akan menjadi kuning. Sama juga dengan isotonik hanya kita enggak merasa karena tidak berwarna. Kalau punya gangguan ginjal jangan sembarangan, harus konsultasi dengan dokter,” pungkas Alni. (Zelika Senja Tamara/Magang Ayosemarang.com)

AYO BACA : Gerah saat Udara Panas, Bolehkah Pakai Kipas Angin?

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Rekomendasi

Terkini

X