Ada 5 Anggota Dewan Pengawas KPK, Presiden Jokowi Beri Bocorannya

- Rabu, 18 Desember 2019 | 11:13 WIB
Presiden Joko Widodo (Antaranews)
Presiden Joko Widodo (Antaranews)

BALIKPAPAN, AYOSEMARANG.COM -- Presiden Joko Widodo mengungkapkan, ada 5 anggota Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang berasal dari berbagai latar belakang.

"Hanya 5 (Dewas KPK). Ada dari hakim, dari jaksa, ada dari mantan KPK, ada dari ekonom, ada dari akademisi, ada dari ahli pidana saya kira itu namanya," ujar Presiden di Balikpapan, pada Rabu (18/12/2019).

AYO BACA : Pilih Dewan Pengawas KPK, Presiden Jokowi: Jangan Sampai Keliru

Hanya saja Jokowi enggan menyebut nama dari kelima anggota Dewas KPK. Namun ia memastikan orang-orang yang dipilih menjadi Dewan Pengawas KPK merupakan orang-orang baik.

Ia pun meminta masyarakat bersabar menunggu saat pelantikan hari Jumat (20/12/2019). Pelantikan Dewan Pengawas KPK berbarengan dengan pelantikan Pimpinan KPK periode 2019-2023.

AYO BACA : Tertutup Longsor, Jalan Banjarnegara-Wonosobo Lumpuh

"Ya nanti ditunggu sehari saja kok, yang jelas nama-namanya, nama yang baik lah, saya memastikan nama yang baik," kata dia.

Untuk diketahui, keberadaan Dewan Pengawas KPK diatur di dalam UU KPK hasil revisi yaitu Undang-undang 19 Tahun 2019.

Adapun Dewan Pengawas KPK memiliki tugas antara lain untuk mengawasi pelaksanaan tugas dan wewenang KPK, memberi izin penyadapan dan penyitaan, serta menyelenggarakan sidang untuk memeriksa adanya dugaan pelanggaran kode etik oleh pimpinan KPK.

AYO BACA : Istana Simpan Nama Calon Dewan Pengawas KPK

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Rekomendasi

Terkini

X