Modus Baru, Narkoba Diselundupkan dalam Bola mainan anak

- Selasa, 4 Februari 2020 | 11:16 WIB
Narkoba Sabu diselundupkan dalam bola mainan anak 2 (instagram/@humas.pmj)
Narkoba Sabu diselundupkan dalam bola mainan anak 2 (instagram/@humas.pmj)

JAKARTA, AYOSEMARANG.COM -- Bola mainan anak menjadi modus baru penyelundupan narkoba yang diungkap oleh Polda Metro Jaya. Petugas Ditresnarkoba Polda Metro Jaya, Nunky menjelaskan narkoba tersebut berasal dari Malaysia.

"Ini adalah narkoba modus baru. Mereka dikamuflasekan dalam mainan anak," kata Nunky melalui video yang diunggah akun Instagram resmi Humas Polda Metro Jaya, @humas.pmj, Selasa (4/2/2020).

Nunky memperlihatkan di dalam bola mainan anak itu terdapat kandungan narkoba. Saat mainan itu dipukul, lampu dalam bola menyala kelap-kelip. Namun siapa sangka saat alat pendeteksi narkoba didekatkan terbukti ada narkoba di dalamnya.

"Banyak modus yang digunakan oleh para pengedar narkoba untuk menyelundupkan ke Indonesia. Ini kiriman dari Malaysia. Dikamuflasekan dalam mainan anak. Dalamnya air gel," ujar Nunky.

AYO BACA : Terduga Kurir Narkoba di Semarang Terancam Hukuman Mati

Hasil alat pendeteksi narkoba menunjukkan bahwa kandungan di dalam mainan anak ini adalah Methamphetamine atau sabu.

Terungkapkan modus baru penyelundupan narkoba ini adalah hasil koordinasi, komunikasi dan kolaborasi antar Polda Metro Jaya dengan Bea Cukai. Sebagaimana dijelaskan oleh Ditresnarkoba Polda Metro Jaya melalui unggahannya @narkoba_metro di Instagram, Senin (3/2/2020).

"Narkoba ini dikamuflasekan didalam mainan anak, jadi air/gel didalamnya ini mengandung Methapetamine / sabu. Sabu ini dikirim dari Malaysia, berhasil diungkap berkat Koordinasi, komunikasi dan kolaborasi antar instansi dengan Bea Cukai," tulis @narkoba_metro.

Dalam unggahan itu, mereka juga mengingatkan untuk tetap waspada dan membentengi diri agar terhindar dari narkoba.

AYO BACA : Apple Segera Luncurkan iPhone 9, Intip Harganya

"Banyak cara yang dilakukan untuk menyelundupkan Narkoba ke Indonesia, dengan beragam modus dilakukan, mari kita bentengi diri, dan gelorakan semangat anti narkoba. Bersama selamatkan generasi," imbuhnya.

Untuk diketahui, polisi mengamankan lima buah mainan anak-anak berbentuk bola yang berisi sabu cair. Masing-masing bola berisi sabu cari seberat 400 gram.

"Ada lima paket bentuk mainan anak isinya sabu-sabu cair, ini modus baru. Ini lima bola totalnya 1.962 gram atau hampir dua kilogram," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Polisi Yusri Yunus, Senin (3/2/2020).

"Cara gunakanya ini ada lobangnya, saat dikeluarkan cairan itu mengeras, itulah sabu-sabunya," imbuhnya.

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Rekomendasi

Terkini

X