Umi Azizah Resmikan 6 Puskesmas, Tekan Angka Kematian Ibu Melahirkan Nol Persen

- Kamis, 6 Februari 2020 | 17:13 WIB
Bupati Tegal Umi Azizah meresmikan 6  puskesmas Kabupaten Tegal di Puskesmas Bojong, Kamis (6/2/2020).
Bupati Tegal Umi Azizah meresmikan 6 puskesmas Kabupaten Tegal di Puskesmas Bojong, Kamis (6/2/2020).

BOJONG, AYOSEMARANG.COM-- Bupati Tegal Umi Azizah meresmikan 6 puskesmas Kabupaten Tegal di Puskesmas Bojong, Kamis (6/2/2020).

"Saya harap masing-masing puskesmas dapat menciptakan minimal dua inovasi. Inovasi dengan branding kata yang mudah diingat, cepat dipahami masyarakat, namun yang tak kalah penting adalah hasil dari inovasi tersebut," ujar Umi.

Sejalan dengan inovasi, lanjut Umi, setiap tahunnya terdapat lomba inovasi yang diadakan oleh kementerian maupun lembaga lainnya. Sehingga dari inovasi yang diciptakan masing-masing puskesmas harapannya dapat diikutsertakan dalam ajang tersebut.

Seperti inovasi Rencana Aksi Bersama Penanggulangan Kemiskinan, yang mengantarkan Kabupaten Tegal masuk ke dalam Top 99 Inovasi Pelayanan Publik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

AYO BACA : LP Ma'arif Jateng Latih Guru Pendamping Khusus Kuatkan Layanan Inklusif

Menurut Umi, kepuasan adalah kunci utama dalam sebuah pelayanan. Dirinya menitip pesan untuk memberikan layanan preventif dan promotif tanpa meninggalkan upaya kuratif dengan memperhatikan keselamatan pasien dan kesehatan para pekerja.

Langkah mewujudkan pelayanan yang baik juga diimbangi dengan memaksimalkan gedung puskesmas serta mencukupi segala kebutuhan alat kesehatan dan obat-obatan.

Selain itu, Umi juga mengapresiasi Kepala Dinas Kesehatan, bidan, dokter serta kader-kader yang membantu menurunkan kasus kematian ibu melahirkan.

"Jika di tahun 2015 lalu tercatat sebanyak 33 ibu meninggal dunia dan tahun 2016 berkurang menjadi 27 kasus kematian. Dan di tahun 2019 kemarin, terdapat 12 kasus kematian ibu melahirkan. Tentunya kita baru bisa bernafas lega jika kasus kematian ibu ini bisa ditekan di angka nol. Maka, untuk mencapai itu, salah satunya adalah dengan mengoptimalkan fungsi layanan fasilitas kesehatan tingkat pertama yaitu puskesmas," jelasnya.

AYO BACA : Wihaji Rombak Pejabat Pemkab Batang, Berikut Daftar Namanya

Adapun enam puskesmas yang diresmikan itu adalah Puskesmas Bojong, Danasari, Penusupan, Tarub, Pagiyanten dan Suradadi. 

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal Hendadi Setiadji menuturkan di tahun 2019 Pemerintah mengalokasikan anggaran DAK Bidang Kesehatan untuk Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal sebesar Rp52 miliar terdiri dari DAK fisik reguler dan DAK nonfisik.

"Anggaran tersebut diperuntukkan untuk pembangunan gedung baru dan lanjutan enam puskesmas yang baru saja diresmikan oleh Bupati," terangnya. 

Total anggaran pembangunan gedung baru puskesmas tahun 2019 sebesar Rp19 miliar dengan capaian fisik sebesar 100% dan realisasi keuangan sebesar 91,15%. 

Halaman:

Editor: Abdul Arif

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kota Pekalongan Terendam, Ratusan Jiwa Mengungsi

Kamis, 14 Maret 2024 | 17:19 WIB
X