5 Tips Work From Home Tetap Produktif

- Selasa, 24 Maret 2020 | 07:51 WIB
Ilustrasi (Istimewa)
Ilustrasi (Istimewa)

SEMARANG, AYOSEMARANG.COM -- Bagi sebagian orang yang mudah sekali terdistraksi, work from home alias bekerja dari rumah, ternyata tidak mudah untuk dijalankan. Apalagi untuk para ibu-ibu yang di saat bersamaan harus mengawasi anak-anaknya yang belajar di rumah.

Meskipun begitu, tetap ada caranya supaya produktivitas bisa tetap maksimal. Jika Anda yang termasuk ke dalam kelompok orang yang sulit menjalankan work from home dengan efektif, coba ikuti 5 tips yang dilansir dari laman NPR berikut:

1. Persiapkan Mindset 'Pergi Bekerja'

Meski bekerja di rumah, terapkanlah kebiasaan yang sama seperti halnya Anda akan pergi bekerja. Bangun pagi, mandi, sarapan, pakai baju yang rapi, dan baru mulai bekerja. Dengan begitu, tubuh dan pikiran akan terprogram secara otomatis bahwa ini adalah saatnya untuk bekerja.

AYO BACA : Tetap Produktif ketika Work From Home, Begini 5 Caranya

2. Persiapkan Tempat Kerja

Beberapa orang mungkin bisa melakukan work from home dari atas kasurnya, sambil rebahan dan mendengarkan musik. Tapi kalau cara ini malah membuat Anda jadi suka ketiduran di 'jam kerja', berarti cara ini tidak cocok diterapkan.

Solusinya, coba persiapkan tempat kerja khusus selama work from home. Bisa saja hanya sekadar sebuah meja dan kursi yang ditempatkan di pojok ruangan yang tidak dilewati anggota keluarga.

3. Buat To-Do-List

AYO BACA : Begini Kronologi Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana Terjangkit Covid-19

Mungkin Anda merasa tidak perlu membuat daftar tugas seperti ini jika berada di kantor. Tapi, jika work from home membuat ritme kerja jadi kacau karena Anda mudah terdistraksi, berarti Anda perlu membuat to-do-list setiap pagi. Daftar ini akan menjadi pegangan supaya tenggat pekerjaan bisa tetap tercapai.

4. Bergerak Setiap Setengah Jam

Tak usah terlalu kaku juga dengan menenggelamkan diri di depan laptop selama berjam-jam. Setiap setengah jam sekali, Anda bisa bangkit dari depan laptop dan pergi ke dapur, sekadar membuat es kopi susu, atau mengambil cemilan.

5. Tutup Laptop Saat Istirahat

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Rekomendasi

Terkini

X