PDI Perjuangan Segera Umumkan Calon Pengganti Risma

- Senin, 15 Juni 2020 | 09:38 WIB
Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri bersama Tri Rismaharini (kiri) di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Senin (19/8). (Suara.com/Arya Manggala)
Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri bersama Tri Rismaharini (kiri) di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Senin (19/8). (Suara.com/Arya Manggala)

SURABAYA, AYOSEMARANG.COM -- Dalam waktu dekat, PDIP akan mengumumkan calon pengganti Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dalam Pilkada 2020. 

Seperti diketahui, Kepala Bappeko Eri Cahyadi (EC) dipastikan tidak mendaftar menjadi calon wali kota Surabaya meski PDIP telah melakukan penjaringan. Tercatat 19 orang yang mendaftar sebagai calon wali kota (cawali) dan calon wakil wali kota (cawawali) Surabaya.

 "Kalau Pak Eri Cahyadi sepengetahuan kami tidak mendaftar di DPD dan DPC," kata Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPD PDIP Jatim Deni Wicaksono, Sabtu (13/6/2020).

Ia menerangkan, banyak ruang untuk mendaftar sebagai cawali dan cawawali Surabaya yakni melalui DPC PDIP Kota Surabaya, DPD PDIP Jatim dan DPP PDIP. 

AYO BACA : Risma Pingsan saat Pimpin Video Conference dengan Komite Sekolah

Deni menambahkan, dari proses pendaftaran, seleksi, fit and proper test cawali dan cawawali sudah dijalankan. Nama-nama para bakal calon juga sudah dilakukan survei secara internal maupun eksternal. 

Sementara, Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya Adi Sutarwijono memastikan bahwa proses dan mekanisme organisasi di partainya sudah selesai.

"Kami sudah membuka pendaftaran 5-14 Sepetember 2019. Semua pendaftar sudah kami ajukan ke DPP. Ada 19 orang bakal calon walikota/bakal calon wakil walikota," jelas Adi seperti dilansir Republika.co.id. 

Namun EC dipastikan tidak mendaftar sebagai bakal calon wali kota maupun wakil wali kota ke PDIP. Adi menegaskan itu. 

AYO BACA : Fotografer Cabuli 25 Model Ternyata Tak Pernah Nafkahi Batin Istri

"Tidak ada nama Pak Eri Cahyadi dari 19 pendaftar yang saya sebut di atas. Itu sudah sering saya sampaikan," kata Adi. 

"19 orang itu sudah termasuk yang mendaftar di DPC, DPD dan DPP," tandasnya.

Dari 19 Pilkada di Jawa Timur, rekomendasi sudah diserahkan ke tiga daerah yakni, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Malang dan Kabupaten Sumenep. 

Sedangkan rekomendasi di 16 daerah rencananya dalam waktu dekat akan diumumkan oleh DPP PDIP. 

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Rekomendasi

Terkini

X