Lebih Baik Simpan Pisang dalam Kulkas, Ini Penjelasannya

- Senin, 22 Juni 2020 | 16:44 WIB
Ilustrasi pisang dalam kulkas (womantalk)
Ilustrasi pisang dalam kulkas (womantalk)

SEMARANG SELATAN, AYOSEMARANG.COM -- Pisang, yang kaya kalium, lebih baik disimpan di dalam kulkas daripada di suhu ruang.

Ada penjelasan sains yang cukup menarik untuk hal tersebut. Senior chef Mimi Morley dari Hello Fresh mengungkapkan bahwa pisang yang disimpan dalam kulkas bisa bertahan satu pekan lebih lama dibandingkan pisang yang disimpan di suhu ruangan.

AYO BACA : Kulit Pisang Ternyata Bisa Bisa Hilangkan Jerawat, Begini Caranya

"Merupakan sebuah kesalahpahaman umum bahwa pisang harus disimpan di luar kulkas," ujar Morley, seperti dilansir Delish.
 
Morley mengatakan, menyimpan pisang di suhu yang dingin dapat memperpanjang masa penyimpanannya. Meski kulit pisang akan tetap berubah warna menjadi cokelat, daging pisang akan tetap sama, yaitu berwarna kuning.

Ada beragam jenis buah-buahan lain yang juga lebih cocok disimpan di dalam kulkas. Beberapa di antaranya adalah stroberi dan raspberi.

AYO BACA : Undip Ciptakan Robot Bantu Tenaga Medis Tangani Pasien Korona

Di sisi lain, Morley mengungkapkan tak semua buah cocok untuk disimpan di dalam kulkas. Beberapa buah justru lebih baik disimpan di luar kulkas.

"Buah-buahan seperti aprikot, kiwi, dan mangga sebaiknya dibiarkan matang di luar lemari es," kata Morley.

Namun, ketika sudah mencapai tingkat kematangan yang diinginkan, buah-buahan tersebut sebaiknya disimpan di dalam kulkas. Penyimpanan di dalam kulkas dapat memperpanjang masa penyimpanan buah-buahan tersebut.

"Menyimpannya di kulkas juga memperlambat proses pematangan," kata Morley.

AYO BACA : Ternyata Kulit Pisang Bisa Bikin Langsing, Begini Caranya

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Rekomendasi

Terkini

X