Resep Rahasia Olahan Bandeng Bung Karno Dilombakan

- Sabtu, 4 Juli 2020 | 20:37 WIB
Sejumlah hasil racikan dicicipi dalam cooking vlog competition olahan bandeng yang digelar DPC PDI Perjuangan Kota Semarang. (dok)
Sejumlah hasil racikan dicicipi dalam cooking vlog competition olahan bandeng yang digelar DPC PDI Perjuangan Kota Semarang. (dok)

SEMARANG BARAT, AYOSEMARANG.COM -- Sebanyak 25 peserta yang mengirimkan video dalam cooking vlog competition olahan bandeng. Acara itu digelar DPC PDI Perjuangan Kota Semarang memperingati Bulan Bung Karno.

25 peserta itu masuk tahapan verifikasi hingga akhirnya mempresentasikan masakan yang dibuat di Kantor DPC PDI-Perjuangan, Sabtu (4/7/2020).

Ketua DPC PDI P Kota Semarang, Hendrar Prihadi menjelaskan, lomba tersebut sengaja untuk memperingati bulan Bung Karno. 

AYO BACA : Bendera PDI Perjuangan Dibakar, Hendi Ingin Pelaku Dihukum Berat

Menurut pria yang akrab disapa Hendi ini, banyak masyarakat yang belum faham ada resep masakan nusantara yang kumpulkan oleh pendiri bangsa sekaligus Proklamator RI, yakni Soekarno dengan nama Mustika Rasa.

“Banyak orang yang belum faham, untuk itu kita gali dan kita lombakan lewat bulan Bung Karno ini dengan bahan baku bandeng,” tambah pria yang juga menjabat sebagai Wali Kota Semarang itu.

Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita G Rahayu, yang menjadi juri dalam acara ini menjelaskan, penilaian masakan bukan hanya pada penampilan semata, namun menitikberatkan pada rasa masakan yang dibuat serta disunting dari buku Mustika Rasa, dengan bahan aneka rempah nusantara.

AYO BACA : Survei Kepala Daerah Paling Responsif Tangani Covid-19, Anies Baswedan Ungguli Ganjar Pranowo

“Kenapa bandeng, karena bandeng ini oleh-oleh khas Semarang. Resepnya diambil dari buku Mustika Rasa, yakni Bumbu Rujak, Pindang Bandeng, Acar Bandeng dan pepes Bandeng,” katanya.

“Untuk juaranya dipilih oleh Pak Wali Kota, yang diambil adalah penampilan dan rasanya. Juara akan mendapatkan hadiah uang tunai,” sambungnya.

Widi Astari salah satu peserta lomba mengaku baru tahu kalau Presiden Soekarno mewariskan buku resep masakan nusantara. Adanya lomba ini membuat dia tertantang dan ingin belajar masakan nusantara.

“Saya pilih acar bandeng, sebelumnya sempat cari tahu dulu bahan apa yang digunakan. Ternyata sederhana, hanya bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit dihaluskan dan ditumis. Lalu bandeng goreng, cuka, gula merah dan acar dimasak menjadi satu,” tandasnya.

AYO BACA : Ada Striker Hendi-Ita di Paket Sembako, Bawaslu Kota Semarang Kirim Surat Teguran

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Rekomendasi

Terkini

X