Danone SN Indonesia dan LIPI Kolaborasi Dukung Nutrisi Anak di Masa Pandemi

- Kamis, 9 Juli 2020 | 13:37 WIB
Proses pendistribusian bantuan nutrisi kolaborasi Danone dan LIPI secara gratis ke sejumlah anak-anak yang membutuhkan dan terdampak pandemi Covid-19. (dok)
Proses pendistribusian bantuan nutrisi kolaborasi Danone dan LIPI secara gratis ke sejumlah anak-anak yang membutuhkan dan terdampak pandemi Covid-19. (dok)

JAKARTA, AYOSEMARANG.COM – Danone Specialized Nutrition (Danone SN) Indonesia bersama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melakukan kolaborasi riset dan teknologi untuk memproduksi produk suplementasi gizi ''Aitame'' dan ''Probarz''. 

Keduanya merupakan produk makanan yang terfortifikasi dari sumber daya dan diproduksi secara lokal dengan tujuan untuk membantu meningkatkan asupan gizi keluarga kurang mampu, terutama anak-anak pada fase pemulihan pandemi. 

Dalam kolaborasi ini, Danone SN juga menggandeng Foodbank of Indonesia (FOI) untuk pendistribusian bantuan nutrisi secara gratis ke sejumlah anak-anak yang membutuhkan dan terdampak pandemi Covid-19.

Dalam jumpa pers yang digelar secara daring, Kamis (9/7/2020), Corporate Communication Director Danone Indonesia Arif Mujahidin mengatakan di masa pandemi Covid-19, dengan keyakinan yang kuat pada kekuatan sains dan nutrisi untuk membawa dampak positif bagi kehidupan masyarakat, Danone SN bekerja sama dengan berbagai pihak melakukan inisiatif untuk menyediakan akses nutrisi bagi mereka yang membutuhkan.

''Salah satunya, dengan berkolaborasi dengan LIPI memproduksi dan mendonasikan produk nutrisi yang berkualitas dan berbasis sains yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat,'' jelasnya.

AYO BACA : 5 Makanan Ini Bantu Tingkatkan Kekebalan Tubuh Anak, Apa Saja?

Lebih lanjut Arif Mujahidin mengungkapkan pihaknya mendukung langkah LIPI dalam mengkontribusikan kepakaran dan keilmuan untuk bersama-sama menghadapi dan menangani dampak pandemi ini. 

“Kami menyambut baik kolaborasi ini sebagai upaya gotong royong antar pemangku kepentingan di Indonesia dalam penanganan permasalahan gizi di tengah masa pandemi ini. Kami berharap kolaborasi ini dapat terus berlanjut agar bisa memberikan manfaat kepada lebih banyak pihak,” tambahnya.

Sebagai mitra Danone SN dalam pelaksanaan program mengembangkan produk nutrisi khusus berdasarkan riset dan ilmu pengetahuan Peneliti Madya Bidang Kepakaran Pangan dan Gizi, Pusat Penelitian Teknologi Tepat Guna (P2TTG), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Dr Ainia Herminiati ST MSi mengatakan dampak ekonomi di tingkat rumah tangga sangat mempengaruhi pemenuhan kebutuhan dasar anak yaitu makanan.

''Permasalahan gizi anak merupakan salah satu risiko dampak sosio-ekonomi terhadap anak-anak di Indonesia yang ditimbulkan pandemi COVID-19, dimana 24 juta balita berisiko lebih tinggi mengalami kurang gizi atau gizi buruk selama masa pandemi,'' ujarnya.

Menurutnya perlu adanya komoditas esensial yang kaya nutrisi untuk anak-anak yang dapat menyangga kebutuhan nutrisi mereka minimal selama dua bulan. Oleh karena itu, perlu adanya upaya bersama baik itu dari pihak swasta maupun pemerintah untuk saling berkolaborasi mendukung tersedianya akses produk bernutrisi bagi anak-anak Indonesia.

AYO BACA : Waspada, Sejumlah Ancaman Intai Anak-anak saat Gunakan Gadget

Lebih lanjut Ainia mengatakan LIPI sangat senang dapat ikut berkolaborasi dengan Danone SN, khususnya program mengembangkan produk suplementasi gizi dalam upaya untuk peningkatan gizi anak-anak Indonesia.

''Salah satu bentuk kolaborasi yang kami lakukan bersama Danone SN adalah dengan memproduksi produk suplementasi gizi ''Aitamie'' dan ''Probarz'' berdasarkan riset dan teknologi yang diperuntukkan bagi anak-anak berusia diatas satu tahun agar kebutuhan gizi mereka dapat terpenuhi,'' paparanya.

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Rekomendasi

Terkini

X