Kejari Kendal Rawat Barang Bukti dengan Istimewa

- Kamis, 10 September 2020 | 11:00 WIB
Kendaraan yang menjadi barang bukti usai dibersihkan ditutup plastik saat disimpan di gudang menunggu proses sidang. (edi prayitno/kontributor kendal)
Kendaraan yang menjadi barang bukti usai dibersihkan ditutup plastik saat disimpan di gudang menunggu proses sidang. (edi prayitno/kontributor kendal)

KENDAL, AYOSEMARANG.COM -- Kejaksaan Negeri (Kejari) Kendal memperlakukan Barang Bukti atau BB dengan baik agar tidak rusak. BB barang berharga seperti sepeda motor dan juga mobil diperlakukan istimewa. 

Perlakuan yang diberikan diantaranya dicuci, diberikan selimut dari plastik dan juga dalam periode tertentu perawatan mesin.

Perlakuan istimewa ini menurut Kepala Kejaksaan Negeri Kendal Ronaldwin karena barang-barang tersebut mempunyai nilai bagi pemiliknya. 

AYO BACA : Kejari Terapkan Ambil BB Bisa Lewat Kantor Pos Terdekat

"Cara mendapatkan atau membeli kendaraan yang kebetulan menjadi barang bukti ini tidak mudah, dan kami mempunyai kewajiban untuk merawatnya,"ujar Ronald.

Barang Bukti kendaraan seperti sepeda motor juga mobil jika dilihat seperti kita melihat di showroom. Sepeda motor terbungkus plastik begitu juga dengan mobil dan dalam keadaan bersih. 

"Dengan melakukan perawatan terhadap barang bukti, pemilik merasa nyaman karena barang milik mereka kami rawat dengan baik, dan para pemilik ini menaruh apresiasi yang bagus,"lanjutnya. 

AYO BACA : Jadwal Liga 1 2020 Padat, PSIS Maksimalkan Pemain

Barang Bukti jika sudah selesai langaung dikembalikan ke pemilik.

Sementara itu, Kasi Pengelolaan barang bukti dan barang rampasan Dany Bramandoko mengatakan, inovasi ini sudah lama dijalankan. Dirinya merasa jika barang bukti yang dirawat akan membuat pemilik tidak lagi kawatir akan barangnya yang dijadikan bukti. 

Dengan pemberlakuan istimewa tersebut membuat para pemilik kendaraan yang kebetulan dijadikan barang bukti nyaman.

Selain itu menurut Dany kendaraan barang bukti yang sudah selesai dan kebetulan lokasi dekat dengan kantor Kejaksaan BB akan di antar. 

"Bentuk pelayanan lainya adalah kami mengantarkan BB nya sampai kerumah untuk mereka yang tempat tinggalnya dekat dengan kantor,"lanjutnya.

Bukan hanya BB kendaraan, namun BB lain juha diperlakukan sama. Dalam gudang BB semua tertata rapi, keluar masuk barang juga tercatat. Semua teraplikasi dengan ditandai barcode, barang tercatat dalam status masih proses atau sudah selesai atau siap dimusnahkan.

Halaman:

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Rekomendasi

Terkini

Sebanyak 21.246 Surat Suara Rusak di Kendal Dibakar

Rabu, 14 Februari 2024 | 15:13 WIB

Tokoh Lintas Agama di Kendal Deklarasikan Pemilu Damai

Senin, 12 Februari 2024 | 19:38 WIB

Patroli Cegah Politik Uang Jadi Prioritas Bawaslu Kendal

Minggu, 11 Februari 2024 | 19:34 WIB

Bawaslu Targetkan Pencopotan APK Cuma Sehari

Minggu, 11 Februari 2024 | 13:48 WIB
X