Ada Razia Masker, Pengendara di Kendal Kabur dan Putar Arah

- Kamis, 17 September 2020 | 14:32 WIB
Sejumlah warga yang terjaring razia masker di Kaliwungu Kamis (17/09/2020) diminta menyanyikan lagu Indonesia Raya. (Edi Prayitno/Kontributor Kendal)
Sejumlah warga yang terjaring razia masker di Kaliwungu Kamis (17/09/2020) diminta menyanyikan lagu Indonesia Raya. (Edi Prayitno/Kontributor Kendal)

KALIWUNGU, AYOSEMARANG.COM --  Sejumlah pengendara sepeda motor memilih kabur dan menghindar saat tim gabungan Polsek dan Koramil Kaliwungu serta Satpol PP Kecamatan Kaliwungu menggelar razia masker di tiga titik berbeda Kamis (17/09/2020). Meski sudah dihadang petugas, sejumlah pengendara nekad menerobos dan kabur. Sementara pengendara lainnya memilih berputar arah melihat ada razia.

Razia masker ini dilaksanakan di tiga titik berbeda yakni Pasar Pagi Kaliwungu, Pasar Sore Alun-alun Kaliwungu dan perempatan Sawahjati. Sejumlah warga yang kedapatan tidak memakai masker dihentikan dan didata identiasnya. Kanit Sabhara Polsek Kaliwungu IPDA Danang Christian mengatakan, razia ini dilaksanakan untuk menyadarkan masyarakat agar tetap memakai masker saat keluar rumah.

“Razia ini gabungan dengan TNI dan Satpol PP Kecamatan Kaliwungu dan dilaksanakan di tiga titik. Sasarannya jelas warga yang tidak menggunakan masker saat keluar rumah, baik berjalan kaki, naik kendaraan ataupun naik mobil,” jelasnya.

AYO BACA : Operasi Yustisi, Pelanggar Protokol Kesehatan Hampir Seribu

Danang menambahkan, dalam razia ini banyak pengendara sepeda motor yang nekad menerobos dan kabur dari petugas saat akan dihentikan. “Banyak juga yang kabur dan menerobos petugas saat dihadang untuk berhenti. Ada juga yang berputar arah melihat ada petugas,” imbuhnya.

Dikatakan, Kaliwungu yang masuk zona merah dengan jumlah kasus positif covid terbanyak di Kabupaten Kendal masih belum disadari warga. Kesadaran untuk menggunakan masker masih rendah, dan rencananya razia akan terus dilakukan untuk memberikan edukasi kepada warga.

“Kesadarannya masih rendah karena banyak yang keluar rumah tidak menggunakan masker. Ada juga yang hanya membawa masker tetapi tidak dipakai dengan benar,” kilah Danang.

AYO BACA : Operasi Yustisi, Pelanggar Protokol Kesehatan Hampir Seribu

Sejumlah warga yang terjaring razia tidak menggunakan masker, didata petugas dan diberi sanksi hukuman. “Ada yang diminta menyanyi lagu kebangsaan Indonesia Raya dan yang masih muda kita suruh olahraga dengan push up,” pungkasnya.

Sementara salah satu warga yang terjaring razia masker ini mengaku terburu-buru hendak belanja di warung. “Saya salah karena tidak pakai masker tadi buru-buru mau ke warung sebentar,” ujar Sunardi warga Kaliwungu.

Ayo Nonton:

<iframe width=560 height=315 src=https://www.youtube.com/embed/P5trSy-4rf0 frameborder=0 allow=accelerometer; autoplay; clipboard-write; encrypted-media; gyroscope; picture-in-picture allowfullscreen></iframe>

AYO BACA : Operasi Yustisi Masker di Solo: Gadis Bekasi Kapok Kena Sanksi Bersihkan Sampah di Sungai

Editor: Abdul Arif

Tags

Rekomendasi

Terkini

Sebanyak 21.246 Surat Suara Rusak di Kendal Dibakar

Rabu, 14 Februari 2024 | 15:13 WIB

Tokoh Lintas Agama di Kendal Deklarasikan Pemilu Damai

Senin, 12 Februari 2024 | 19:38 WIB

Patroli Cegah Politik Uang Jadi Prioritas Bawaslu Kendal

Minggu, 11 Februari 2024 | 19:34 WIB

Bawaslu Targetkan Pencopotan APK Cuma Sehari

Minggu, 11 Februari 2024 | 13:48 WIB
X