Kapolda Kunjungi Solo, Cek Posko PPKM Mikro di Gandekan dan Nusukan

- Sabtu, 13 Februari 2021 | 17:34 WIB
Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi memberikan masker kepada Lurah Nusukan Tutik Sriwahyuni, di Posko PPKM Mikro, dalam kunjungan kerjanya di Kota Solo, Sabtu (13/2/2021). (Ayosemarang/Budi Cahyono)
Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi memberikan masker kepada Lurah Nusukan Tutik Sriwahyuni, di Posko PPKM Mikro, dalam kunjungan kerjanya di Kota Solo, Sabtu (13/2/2021). (Ayosemarang/Budi Cahyono)

SOLO, AYOSEMARANG.COM -- Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi mengecek 2 posko Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakan (PPKM) di wilayah Nusukan Kecamatan Banjarsari dan Gandekan Kecamatan Jebres, Solo, Sabtu (13/2/2021). 

Dalam keterangannya, Kapolda menyampaikan pengecekan PPKM yang dilakukan tersebut untuk melihat langsung penerapan protokol kesehatan (prokes). Sekaligus, memantau perkembangan situasi Covid-19 di suatu wilayah.

Kapolda menjelaskan di Jawa Tengah sudah terdata 1.062 kelurahan yang memiliki posko PPKM Mikro beserta perangkat posko.

AYO BACA : Giring Sebut Gibran Berpeluang Maju Pilkada DKI Jakarta

"Disana sudah terdapat data yang lengkap berisi jumlah masyarakat, nama beserta alamat yang terpapar Covid-19," jelas Kapolda di sela kunjunga kepada wartawan, Sabtu (13/2/2021).

Dalam pantauan Kapolda, seluruh kelurahan di Jateng sudah mendirikan posko, termasuk di wilayah Surakarta. 

"Masing-masing kampung/desa di posko itu sudah terbentuk unit kecil lengkap yang terdiri dari Babinsa dan Bhabinkamtibmas sebagai ujung tombak dalam melakukan tracking kepada masyarakat," jelas Luthfi. 

AYO BACA : Dramatis! Detik-detik Putri Keraton Surakarta Keluar Usai Terkurung 3 Hari

Pihaknya berharap, dengan adanya PPKM Mikro grafik kasus Covid-19 di Indonesia khususnya Jawa Tengah akan menurun. Masyarakat akan terdidik oleh satgas yang dibentuk untuk selalu mematuhi protokol kesehatan. 

“Untuk kondusivitas Polda Jawa Tengah secara umum kondusif. Diharapkan dengan PPKM Mikro ini Covid di Jawa Tengah akan hilang," harapnya.

Sementra itu, Lurah Nusukan, Tutik Sriwahyuni, mengatakan pihaknya telah mendata warga yang terpapar Covid-19. Di Kawasan Nusukan terdapat 19 warga terkonfirmasi Covid-19.

"Sudah kami data, untuk mereka yang terkonfirmasi disuruh di rumah saja. Untuk kebutuhan makanan dikirim dari sini. Setiap hari kami mengirimkan logistik untuk warga yang terkonfirmasi Covid-19," katanya.

Di sela kunjungan, Kapolda memberikan masker untuk Posko PPKM Mikro yang ditujukan untuk masyarakat sekitar. Diharapkan dengan adanya posko tersebut dapat menekan angka Covid-19 di Jawa Tengah, khususnya Kota Surakarta.

AYO BACA : Flyover Purwosari Diresmikan, Kendaraan Berat Tak Boleh Lewat

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kota Pekalongan Terendam, Ratusan Jiwa Mengungsi

Kamis, 14 Maret 2024 | 17:19 WIB
X