Alasan Risma Berikan Motor Elektrik Roda 3 untuk Pemuda Penyandang Disabilitas di Pekalongan

- Minggu, 16 Mei 2021 | 15:43 WIB
Menteri Sosial Tri Rismaharini memberikan sepeda motor elektrik rida 3 untuk Gading di Pekalongan Minggu 16 Mei 2021 (dok Kemensos)
Menteri Sosial Tri Rismaharini memberikan sepeda motor elektrik rida 3 untuk Gading di Pekalongan Minggu 16 Mei 2021 (dok Kemensos)

PEKALONGAN, AYOSEMARANG.COM – Menteri Sosial, Tri Rismaharini memberikan bantuan sepeda motor elektrik roda tiga untuk Gading Ogi Saputra, 17, penyandang disabilitas fisik asal Pekalongan Jawa Tengah.

Alasan Risma memberikan sepeda motor dan bentuan modal kepada Gading adalah dikarenakan pemuda tersebut sangat menginspirasi.

Kegigihan Gading yang tidak kenal menyerah, sempat viral di media sosial yang menginspirasi banyak orang tidak hanya sesama penyandang disabilitas.

AYO BACA : Pemerintah Terapkan Lockdown Tingkat RT untuk Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19 Usai Lebaran

“Tadi sudah diserahkan bantuan motor roda tiga, alat dan permodalan,” ujar Menteri Sosial Tri Rismahini usai mengunjungi, berbincang sekaligus menyerahkan sepeda motor roda tiga kepada Gading di Pekalongan, Minggu 16 Mei 2021 sebagaimana dikutip dari laman Kemensos.

Gading, kata Mensos, bilang ingin membuka usaha lontong dan akan dibantu permodalannya.

Gading sudah dua tahun menjalani usaha berjualan makanan dan minuman ringan kemasan berkeliling dengan sepeda roda tiga sederhana rakitannya. Berjualan dari pukul 16.00 - 23.00 WIB di sekitar Alun-alun Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah.

AYO BACA : Raffi Ahmad Punya Rans Cilegon FC, Baim Wong Ingin Beli Sriwijaya FC

Diceritakan, Gading menyandang disabilitas fisik sejak lahir dan mengalami perlambatan perkembangan fisik yang mengakibatkan kedua kakinya tidak berfungsi wajar hingga ia berjalan merangkak dibantu dengan kedua tangannya.

Kini Gading memiliki lapak sendiri di rumahnya yang dinamakan Lapak Gading Berkah yang dikelola oleh ayah dan ibunya, karena gading tetap meneruskan berjualan keliling.

Gading dikenal suka membantu dan rajin bersedekah, tak pernah lupa ibadah serta selalu bergembira dalam kondisi apapun. Cita-citanya memiliki motor roda tiga elektrik telah terwujud, bahkan diserahkan langsung oleh Menteri Sosial.

Usaha kerasnya membuahkan hasil menyentuh Rp 500 ribu per hari. Gading menghitung dan mencatat sendiri pendapatan nya di gawai pintarnya. Bahkan Gading mencatat jika ada barang jualan yang habis dan perlu segera dibeli.

Di sisi lain, tahun ini, ada 490 motor roda tiga bagi penyandang disabilitas.

“Banyak alat bantu bagi penyandang disabilitas karena dirasiblitas juga banyak ragamnya rungu dan netra, seperti tongkat dengan multisensor,” tandasnya.

Halaman:

Editor: Ade Lukmono

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kota Pekalongan Terendam, Ratusan Jiwa Mengungsi

Kamis, 14 Maret 2024 | 17:19 WIB
X