Dinas Kesehatan Ungkap Penyebab Kota Tegal Masuk PPKM Level 4

- Kamis, 22 Juli 2021 | 15:40 WIB
Kota Tegal masuk kategori PPKM Level 4.  Suasana penyekatan di Jalan Teuku Umar, Kota Tegal, Kamis 15 Juli 2021. (AyoSemarang.com/Lilisnawati)
Kota Tegal masuk kategori PPKM Level 4. Suasana penyekatan di Jalan Teuku Umar, Kota Tegal, Kamis 15 Juli 2021. (AyoSemarang.com/Lilisnawati)

TEGAL, AYOSEMARANG.COM -- Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa-Bali resmi diperpanjang hingga 25 Juli 2021. Hanya saja, istilah darurat diganti dengan level 3 dan 4.

Kota Tegal sendiri masuk dalam kategori level 4 atau level tertinggi.

Menanggapi itu, Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono mengatakan bahwa pihaknya mendukung apapun kebijakan dari pemerintah pusat.

AYO BACA : Datangi Balai Kota, Mahasiswa di Kota Tegal Tolak Perpanjangan PPKM Darurat

Ia juga menilai, bahwa PPKM itu memang sudah seharusnya diberlakukan di semua daerah. Hal itu supaya bisa berjalan dengan optimal.

"Ini adalah yang terbaik. Karena kalau ada satu wilayah yang tidak menerapkan PPKM maka malah justru bisa lebih bahaya.," katanya saat meninjau vaksinasi massal di RSUI Harapan Anda Tegal, Kamis 22 Juli 2021.

Menurutnya, di masa perpanjangan PPKM ini, aturan-aturanya masih sama seperti pada penerapan PPKM sebelumnya.

AYO BACA : Warga Dusun Jengkol Limbangan Akhirnya Merasakan Daging Sapi Kurban

Sementara Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tegal dr Sri Primawati Indraswari menambahkan, penyebab yang membuat Kota Tegal berada di level 4 yakni karena dilihat dari prosentase BOR yang masih tinggi.

Kemudian, disusul dengan mobilitas masyarakat yang juga masih terpantau tinggi.

"Itu kan karena BOR kita waktu itu masih tinggi. Kemudian juga mobilitas yang dinilai masih tinggi. Bisa juga karena melihat angka Covid-19 nya," bebernya.

Meski demikian, Prima menyebut bahwa belum ada penurunan kasus Covid-19 di Kota Tegal secara signifikan selama diterapkannya PPKM Darurat.

"Ada tren penurunan, tapi belum siginifikan. Penurunan baru dua hari terakhir ini. BOR juga sudah mulai turun, sekarang di bawah 80%," jelasnya.

AYO BACA : 13 Titik Ruas Jalan Kota Tegal Ditutup Selama PPKM Darurat

Editor: Adib Auliawan Herlambang

Tags

Rekomendasi

Terkini

Pj Gubernur Jateng Harap Pertahankan Predikat WTP

Kamis, 28 Maret 2024 | 21:00 WIB

Kota Pekalongan Terendam, Ratusan Jiwa Mengungsi

Kamis, 14 Maret 2024 | 17:19 WIB
X