Dindikbud Demak Tingkatkan Inovasi Guru Melalui Bimtek Sainspreneur

- Selasa, 30 November 2021 | 15:08 WIB
Suasana saat Bimtek sainspreneur di Aula Dindikbud Demak.  (zaidi/ayosemarang.com)
Suasana saat Bimtek sainspreneur di Aula Dindikbud Demak. (zaidi/ayosemarang.com)


DEMAK, AYOSEMARANG.COM - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Demak melalui MGMP IPA Demak melaksanakan bimbingan teknis (Bimtek) sainspreneur pada tanggal 2-5 dan 8 November 2021 yang bertempat di Aula Budi Utomo Dindikbud.

Ketua MGMP IPA Kabupaten Demak, Titis Perwitasari menuturkan bahwa kegiatan tersebut diadakan demi mendorong guru, khususnya pengampu mata pelajaran IPA di jenjang SMP agar memiliki inovasi pembelajaran yang nantinya memiliki produk jadi setelah dilaksanakannya bimtek.

"Pendidik agar memiliki kemampuan melihat suatu permasalahan dan menggunakan cara-cara entrepeneur untuk berkreasi, mengorganisasi, dan menciptakan peralatan sains yang bermanfaat," ujarnya.

Baca Juga: PPKM Level 3 Nataru, Polda Jateng Tidak Lakukan Penyekatan

Pelaksanaan bimtek sendiri meliputi penyampaian materi, informasi, serta konsep-konsep teoritis yang disampaikan melalui diskusi kelompok, presentasi, tanya jawab, dan kegiatan praktik.

Ternyata, antusiasme guru IPA jenjang SMP di Kabupaten Demak cukup tinggi dalam mengikuti bimtek sainspreneur ini. Hal tersebut diungkapkan Titis karena jumlah pendaftar melebihi kuota yang direncanakan.

"Kemarin kami membuka pendaftaran itu hanya untuk 40 orang. Tapi antusias guru itu sangat tinggi sehingga sampai hari pelaksanaan ada 53 peserta," ungkapnya.

Kegiatan seperti ini menurutnya penting diikuti oleh guru dikarenakan pelatihan serupa memiliki andil dalam pengembangan keprofesian guru, dan juga penambahan angka kredit.

"Kemudian yang jelas, kita harus siap untuk memperbaiki kualitas pendidikan juga khususnya di Demak. Supaya inovasi-inovasi pembelajaran atau produk unggulan dari sekolah di Demak bisa terkenal hingga luar daerah," tegasnya.

Baca Juga: 18.572 Jemaah Umrah Asal Indonesia Siap Diberangkatkan

Halaman:

Editor: arri widiarto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X