Sentra Logam di Tugu Rampung, Wali Kota Semarang Pastikan Pedagang di Barito Dapat Prioritas

- Senin, 10 Januari 2022 | 10:35 WIB
Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menyampaikan jika sentra logam di Tugu sudah rampung. Sentra itu akan jadi tempat penjualan logam terpusat di Kota Semarang.  (Ayosemarang.com/ Audrian Firhannusa)
Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menyampaikan jika sentra logam di Tugu sudah rampung. Sentra itu akan jadi tempat penjualan logam terpusat di Kota Semarang. (Ayosemarang.com/ Audrian Firhannusa)

TUGU, AYOSEMARANG.COM -- Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi menuturkan, sejak tahun 1970-an, pengrajin logam Kota Semarang ini mampu memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kemajuan IKM logam dalam negeri.

Pasalnya, menurut Wali Kota Semarang itu pelaku industri logam Kota Semarang terhitung kreatif dalam membuat berbagai produk, mulai dari ember seng, kompor minyak, panci, dandang, oven, gerobak sampah, mesin cuci, hingga eskavator.

Untuk itu, demi membangkitkan ekonomi Kota Semarang sebagai penghasil produk logam, Wali Kota Semarang yang akrab disapa Hendi itu pun membangun kawasan sentra Industri Kecil dan Menengah (IKM) di wilayah Kecamatan Tugu.

Baca Juga: Tak Terima Diledek 'Cino Kere', Pria Ini Pukul Teman Mabuknya Pakai Botol Miras

Hendi berharap sentra logam yang telah rampung dibangun tersebut dapat segera dimanfaatkan oleh para pengrajin logam Kota Semarang. Sebelumnya, sentra logam sempat terkenal di wilayah Bugangan.

Adapun gedung sentra logam yang disiapkan Hendi meliputi beberapa gedung produksi dengan 74 kios, diantaranya untuk IKM permesinan sebanyak 24 kios, dan IKM rumah tangga sebanyak 28 kios.

Selain itu juga untuk IKM etalase disiapkan sebanyak 6 kios, IKM tempat sampah dan gerobak 16 kios, juga disiapkan pula gedung promosi, gedung barang jadi, masjid dan sarana prasarana pendukung lainnya.

Baca Juga: Dianiaya Senior, Siswa SMK Pelayaran Akpelni Semarang Ditampar 140 Kali

“Ya pasti harapannya Sentra IKM logam tersebut bisa segera ditempati oleh kawan-kawan para pelaku IKM, sehingga ekonomi masyarakat bisa segera bangkit,” pungkas Hendi.

Halaman:

Editor: adib auliawan herlambang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mangkang Banjir Rob, Masuk ke Rumah Warga

Kamis, 19 Mei 2022 | 17:51 WIB
X