(SEMARANGAN) Kelenteng Siu Hok Bio Part 1: Paling Tua di Pecinan Semarang dan Masih Terawat Baik

- Selasa, 18 Januari 2022 | 17:32 WIB
Klenten Sio Hok Bio di Pecinan Semarang. Klenteng ini merupakan yang tertua di Pecinan.  (Ayosemarang.com/ Audrian Firhannusa)
Klenten Sio Hok Bio di Pecinan Semarang. Klenteng ini merupakan yang tertua di Pecinan. (Ayosemarang.com/ Audrian Firhannusa)

SEMARANGTENGAH, AYOSEMARANG.COM - Kelenteng Siu Hok Bio di Pecinan Semarang di Jalan Wotgandul Timur, tampak sibuk pada Selasa 18 Januari 2022.

Hari, pengurus harian Kelenteng Siu Hok Bio di Pecinan Semarang sedang mempersiapkan altar doa dengan berbagai sesaji menyambut Imlek 2022.

Selain kesibukan pengurus, beberapa umat juga ada yang hilir mudik ke Kelenteng Siu Hok Bio di Pecinan Semarang untuk berdoa seraya menyulut hio swa.

Baca Juga: Daftar 5 Idol Korea Perempuan Paling Banyak Dicari di YouTube, IU Nomor Satu, BLACKPINK Nomor Berapa?

Kelenteng Siu Hok Bio memang tidak besar. Luasnya hanya 9x25 meter, namun di Pecinan Semarang, kelenteng ini merupakan yang tertua.

Hal itu dibenarkan oleh sekretariat kelenteng, Haryanto saat ditemui di lokasi pada Selasa 18 Januari 2022.

Haryanto tidak tahu persis kapan tepatnya kelenteng ini berdiri. Namun dia mengukur usia klenteng Siu Hok Bio dari meja altar yang berusia ratusan tahun.

Baca Juga: Debut Solo, Yuju Eks GFRIEND Rilis MV Play, Cantik dan Mempesona

"Meja ini tertulis dibuat saat masa Douguang. Sementara kalau dilihat Douguang memimpin dari tahun 1820-1850. Mungkin antara tahun-tahun itu," ucapnya.

Halaman:

Editor: Vedyana Ardyansah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jadwal Pemadaman PLN Semarang Rabu 25 Mei 2022

Selasa, 24 Mei 2022 | 21:53 WIB
X