99 Rumah Warga di Mangkang Wetan Terendam Banjir, Normalisasi Sungai yang Belum Rampung Dinilai Jadi Penyebab

- Selasa, 18 Januari 2022 | 21:20 WIB
BPBD Kota Semarang sedang melakukan evakuasi bersih-bersih pasca Mangkang Wetan Banjir. Banjir ini dinilai karena normalisasi sungai yang belum sempurna. (BPBD Kota Semarang)
BPBD Kota Semarang sedang melakukan evakuasi bersih-bersih pasca Mangkang Wetan Banjir. Banjir ini dinilai karena normalisasi sungai yang belum sempurna. (BPBD Kota Semarang)


TUGU, AYOSEMARANG.COM - Pasca banjir di wilayah Mangkang Wetan, warga dibantu dengan sejumlah relawan dan Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang melakukan evakuasi dan kerja bakti bersih-bersih, Selasa 18 Januari 2022.

Sekretaris Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang Winarsono mengungkapkan, akibat kejadian Mangkang wetan banjir kemarin, 99 rumah warga terendam. Ukuran tanggul jebol 8 meter x 1,5 meter.

Adapun upaya-upaya penanganan yang telah dilakukan pasca Mangkang Wetan banjir selain kerja bakti pembersihan material lumpur, petugas juga ikut menambal tanggul yang jebol dengan karung berisi pasir.

Baca Juga: Kelola Sampah Masyarakat, Bintari Semarang Lakukan Pendampingan Pembuatan TPS 3R Sambiroto

"Selain itu juga pendirian dapur umum bersama warga untuk kebutuhan kerja bakti," ujar Winarsono.

Di samping itu, Winarsono mengimbau kepada warga untuk meningkatkan kewaspadaan dalam menghadapi puncak musim penghujan.

Warga harus bisa mengenali potensi bencana di masing-masing wilayahnya.

"Kalau hujan turun, warga diminta memonitor lingkungan sekitar, dan tidak tidur lebih awal, apalagi jika hujan lebat, terutama di wilayah rawan banjir bisa menyikapi dengan mengamankan barang-barang berharga masing-masing. Sedangkan untuk yang berada di dataran tinggi, juga untuk bisa memonitor jika ada gejala retakan tanah," tandasnya.

Baca Juga: Lantik Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan, Ini Pesan Wynne Chacha Frederica

Halaman:

Editor: Vedyana Ardyansah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jadwal Pemadaman PLN Semarang Rabu 25 Mei 2022

Selasa, 24 Mei 2022 | 21:53 WIB
X