(SEMARANGAN) Tradisi Ramadhan Masjid Kauman Semarang: Petis Bumbon Kuliner Melegenda untuk Berbuka

- Selasa, 12 April 2022 | 16:34 WIB
Istiqomah saat menyajikan Petis Bumbon ke pelanggan. Makanan ini sudah menjadi tradisi di Masjid Kauman Semarang. (Ayosemarang.com/ Audrian Firhannusa)
Istiqomah saat menyajikan Petis Bumbon ke pelanggan. Makanan ini sudah menjadi tradisi di Masjid Kauman Semarang. (Ayosemarang.com/ Audrian Firhannusa)


SEMARANGTENGAH, AYOSEMARANG. COM - Ada banyak kuliner khas Kota Semarang yang bisa ditemui dikala bulan Ramadhan. Seperti Bubur India, Kopi Arab dan Petis Bumbon yang berada di Masjid Kauman Semarang.

Sebagai kuliner khas Kota Semarang yang melegenda, Petis Bumbon di Masjid Kauman Semarang saat ini bisa ditemui di bazar Pasar Jajanan Semarangan (Pajangan) yang berada di Alun-alun Semarang.

Petis bumbon kuliner khas Masjid Kauman Semarang merupakan masakan yang berbahan dasar telur bebek dan kaya akan rempah.

Apabila dicoba, Petis Bumbom memiliki cita rasa gurih dan pedas yang bikin nagih.

Salah seorang Penjual Petis Bumbon, Istiqomah mengungkapkan rahasia pembuatan Petis Bumbon.

Baca Juga: (SEMARANGAN) Tradisi Ramadhan Masjid Kauman Semarang: Semaan Quran yang Sudah Digelar Selama Puluhan Tahun

Kata perempuan 63 tahun tersebut, rahasia Petis Bumbon tentu saja bumbu petis dan rempah yang digunakan seperti kunci, daun jeruk wangi, sere, laos dan daun salam.

"Sekilas memang mirip seperti sambal goreng tapi yang membedakan adanya campuran petis buat bahan bakunya," ungkap Istiqomah.

Istiqomah menceritakan, dirinya merupakan generasi ketiga penjual petis bumbon legendaris dan mendapatkan resep warisan dari sang nenek.

Halaman:

Editor: Vedyana Ardyansah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X