Haul Wali Joko Dipadati Ribuan Peziarah Bukti Warga Rindu Ziarah ke Makam Wali

- Senin, 9 Mei 2022 | 19:49 WIB
Bupati Kendal menghadiri peringatan Haul Akbar Wali Joko, Wali Hadi dan Wali Abu Sudjak digelar kompleks Masjid Agung Kendal Senin 09 Mei 2022. (Edi Prayitno/kontributor Kendal)
Bupati Kendal menghadiri peringatan Haul Akbar Wali Joko, Wali Hadi dan Wali Abu Sudjak digelar kompleks Masjid Agung Kendal Senin 09 Mei 2022. (Edi Prayitno/kontributor Kendal)

KENDAL,AYOSEMARANG.COM - Ribuan peziarah memadati komplek makam Wali Joko, Wali Hadi dan Wali Abu Sudjak di sekitar Masjid Agung Kendal Senin 09 Mei 2022.

Haul Akbar yang dilaksanakan setelah Pandemi ini disambut warga dengan suka cita, ribuan jamaah yang memenuhi serambi dan halaman masjid mengikuti acara haul yang diawali dengan pembacaan burdah, tahlil dan tausiyah yang diakhiri dengan doa bersama.

Bupati Kendal Dico M Ganinduto yang hadir dalam haul tersebut mengatakan, kegiatan ini diharapkan dapat membangkitkan semangat masyarakat, dengan mengingat jasa-jasa para wali yang sudah berjuang dengan gigih, sehingga Kendal menjadi besar seperti sekarang ini.

Baca Juga: Mau Tahu Fakta Menarik Film KKN di Desa Penari? Cek di Sini

"Perjuangan para wali juga dapat memberi motivasi bagi pemerintah kabupaten untuk berbuat yang terbaik untuk melanjutkan perjuangan para wali dalam membangun Kabupaten Kendal," katanya.

Sementara Takmir Masjid Agung Kendal, KH Asro'i Thohir mengatakan, Haul Akbar yang digelar pertama kali, setelah dua tahun vakum, karena kondisi pandemi covid-19, ternyata mendapat perhatian masyarakat cukup tinggi.

Hal ini mencerminkan adanya kerinduan masyarakat untuk berziarah di makam para wali.

Baca Juga: Smart Bottle HidrateSpark Apple Dijual dengan Harga Mulai Rp800 Ribu

"Para wali tersebut merupakan tokoh perintis Kabupaten Kendal, sehingga jangan sampai dilupakan," katanya.

Lanjut Asro'i Thohir, yang dibutuhkan tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi harus diimbangi dengan moralitas dan spiritual yang tinggi supaya tidak berbahaya.

Halaman:

Editor: Iswara Bagus

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X