600 Porsi Lontong Opor dan Soto Gratis untuk Peziarah di Haul Wali Gembyang

- Selasa, 10 Mei 2022 | 20:01 WIB
Warga menyiapkan lontong opor dan soto untuk peziarah yang hadir di Haul Wali Gembyang Selasa 10 Mei 2022. (edi prayitno/kontributor Kendal)
Warga menyiapkan lontong opor dan soto untuk peziarah yang hadir di Haul Wali Gembyang Selasa 10 Mei 2022. (edi prayitno/kontributor Kendal)

KENDAL, AYOSEMARANG.COM - Sedikitnya 600 porsi lontong opor dan soto disiapkan warga untuk dihidangkan gratis kepada peziarah yang memadati acara Haul Wali Gembyang Selasa 10 Mei 2022.

Sajian lontong opor dan soto ini sudah menjadi tradisi tahunan setiap digelar acara Haul Wali Gembyang yang dilaksanakan setiap tanggal 10 syawal.

Hidangan lontong opor dan soto ini nantinya dibagikan secara gratis kepada warga usai menghadiri Haul Mbah Wali Gembyang yang dilaksanakan di komplek Makam Wali Gembyang Patukangan Kendal.

Ratusan piring berisikan lontong opor dan soto ini disusun rapi, di sebuah warung yang nantinya akan menjadi pusat keramaian acara haul Wali Gembyang.

Baca Juga: Jiho Resmi Tinggalkan Agensi dan OH MY GIRL, Simak Info Selengkapnya di Sini

Menurut warga, tradisi menyiapkan lontong opor dan soto ini sudah turun temurun dilaksanakan sebagai bentuk penghormatan kepada peziarah yang sudah hadir berdoa bersama.

“Selain itu ini adalah upaya warga saling berbagi kepada sesama yang membutuhkan, jumlahnya terus meningkat. Apalagi sekarang ini sempat berhenti 2 tahun karena pendemi, jumlah peziarah semakin banyak,” jelas Puji Mulyadi warga Gembyang Patukangan .

Dikatakan Puji, pembuatan lontong opor dan soto ini murni swadaya warga dan donator untuk memeriahkan Haul Wali Gembyang.

“Karena sudah tradisi jadi warga swadaya membuat lontong opor untuk hidangan waraga yang hadir dalam acara haul ini,”imbuhnya.

Halaman:

Editor: Vedyana Ardyansah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X